Buktikan Ketahanan Operasi Alutsista, TNI AL Kirim Personel Ikuti Rimpac 2022

Senin, 06 Juni 2022 – 14:42 WIB
Buktikan Ketahanan Operasi Alutsista, TNI AL Kirim Personel Ikuti Rimpac 2022 - JPNN.com Jatim
Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto memberikan arahan sebelum melepas KRI I Gusti Ngurah Rai-331 untuk mengikuti Rimpac 2022. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ratusan personel diberangkatkan menggunakan KRI I Gusti Ngurah Rai-332 untuk mengikuti latihan bersama (Latma) Multilateral Rim of The Pacific (Rimpac) 2022, Senin (6/6).

Kapal perang itu mengangkut 167 personel yang terdiri atas 129 ABK dan satu peleton marinir berjumlah 35 orang dan tiga staf pengendali latihan.

Pangkoramada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto mengatakan kegiatan Latma Rimpac yang diikuti oleh TNI AL itu merupakan yang ke-7 sejak berpartisipasi aktif pada 2006 lalu.

“Latihan akan dilaksanakan di Oahu Hawai pada 29 Juni-4 Agustus 2022,” kata Iwan.

Laksda Iwan mengatakan Latma Multilateral Rimpac adalah salah satu program kerja sama dengan US Navy dalam rangka meningkatkan profesionalisme serta peran diplomasi TNI AL dan mempererat hubungan kerjasama.

“Latma Rimpac dapat memberikan pengalaman langsung kepada TNI AL dalam menguji kemampuan operasi jarak jauh atau Long Range Operations,” ujar Iwan.

Iwan menjelaskan sebagai latihan angkatan laut terbesar di dunia, Latma Multilateral Rimpac adalah salah satu sarana menguji doktrin, taktik, dan prosedur peperangan laut yang terbaru dan kekinian, khususnya dalam operasi laut gabungan dan amfibi.

“Selain itu, melalui latihan itu, negara peserta latihan dituntut untuk mampu membuktikan ketahanan operasi alutsistanya mengingat Sea Phase dilaksanakan tiga minggu nonstop tanpa sandar di pangkalan,” tutur iwan.

KRI I Gusti Ngurah Rai-332 diberangkatkan mengikuti Latma Multilateral Rimpac 2022 di Oahu Hawai.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News