Mengenal Tempat Wisata Baru di Surabaya, Museum Pusat TNI AL Jalesveva Jayamahe

Minggu, 21 Januari 2024 – 11:49 WIB
Mengenal Tempat Wisata Baru di Surabaya, Museum Pusat TNI AL Jalesveva Jayamahe - JPNN.com Jatim
Foto udara gedung Museum Pusat TNI AL "Jalesveva Jayamahe" di Surabaya. ANTARA/HO-Muspal Jalesveva Jayamahe

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Masyarakat kini bisa mengunjungi Museum Pusat TNI AL Jalesveva Jayamahe yang telah resmi dibuka.

Kepala Dinas Sejarah TNI AL Laksma Hariyo Poernomo mengatakan museum itu menjadi media dan ruang menyimpan memori publik mengenai kejayaan TNI AL dan kejayaan maritim nenek moyang bangsa Indonesia.

Dia pun mengajak masyarakat luas untuk berkontemplasi sejenak mengenai jejak perjuangan para pahlawan samudera melalui berbagai misi, operasi, dan pertempuran laut dalam upaya mempertahankan kedaulatan NKRI.

"Itu semata-mata untuk membangun jiwa kepahlawanan, jiwa bahari, dan rasa optimistis generasi penerus untuk mengisi kemerdekaan," kata tertulis, Sabtu (20/1).

Laskma Hariyo menceritakan Museum Pusat TNI Angkatan Laut Jalesveva Jayamahe mulai dibangun pada 2022 di era kepemimpinan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI (Purn) Yudo Margono.

Setahun kemudian, tepatnya pada 11 September 2023, museum diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali," tutur jenderal bintang satu TNI AL tersebut.

Dia menjelaskan museum tersebut memiliki tiga fasilitas ruang pamer yang terdiri atas Gedung Heritage dan Hanggar, Gedung Teater, dan Gedung Replika KRI RE Martadinata.

"Disediakan pula fasilitas penunjang museum lainnya, seperti masjid, kafetaria, serta tata pamer koleksi luar ruang yang menampilkan salah satu koleksi utama museum, yaitu pesawat Gannet yang pernah terlibat pada Operasi Trikora dan Dwikora di era tahun 1960-an," ucapnya.

Museum Pusat TNI AL Jalesveva Jayamahe berbasis teknologi 4.0. Jadi, seluruh perangkat digital dapat terkoneksi dan dikendalikan secara jarak jauh.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News