Stok Plasma Konvalesen Melimpah, PMI Kirim ke Luar Negeri Untuk Diolah

Rabu, 18 Mei 2022 – 12:33 WIB
Stok Plasma Konvalesen Melimpah, PMI Kirim ke Luar Negeri Untuk Diolah - JPNN.com Jatim
Donor Plasma Konvalesen di PMI Kota Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABA - Menurunnya kasus Covid-19 di Surabaya berdampak pada turunnya permintaan donor plasma konvalesen.

PMI Kota Surabaya mencatat sampai saat ini masih terdapat 1.272 kantong stok plasma konvalesen yang tersimpan.

Kabag Pelayanan dan Humas UDD PMI Kota Surabaya, dr Wandai Rasoetedja mengatakan pihaknya sudah tidak membuka pendonor plasma konvalesen.

"Untuk yang plasma konvalesen ini kami sediakan stok dari waktu pandemi. Jadi, memang sudah tersedia pada masa pandemi kemarin," kata dr Wandai, Rabu (18/5).

dr Wandai menjelaskan plasma konvalesen ini berupa fresh frozen plasma, atau plasma yang dibekukan.

“Plasma-plasma yang sudah dibekukan bisa diolah kembali menjadi albumin, suatu cairan yang berasal dari plasma mengandung protein untuk orang yang terkena asites,” jelasnya.

Untuk pengelolaanya dilakukan di luar negeri. Maka dari itu, stok plasma konvalesen yang ada akan dikirim ke negara tujuan.

“Kalau untuk pengolahan kami belum ada peralatan memadai. PMI pusat ada kerja sama dengan Korea Selatan,” tandas dr Wandai. (mcr23/jpnn)

Stok Plasma Konvalesen bakal dikirim ke luar negeri untuk diolah menjadi albumin karena mengandung protein untuk orang terkena asites.

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News