UC Kenalkan Budaya Indonesia Kepada Mahasiswa Korea Selatan Lewat Sablon Manual

Senin, 22 Januari 2024 – 19:47 WIB
UC Kenalkan Budaya Indonesia Kepada Mahasiswa Korea Selatan Lewat Sablon Manual - JPNN.com Jatim
Mahasiswa INHA University saat belajar menyablon secara manual di Universitas Ciputra Surabaya, Senin (22/1). Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Puluhan mahasiswa dari INHA University Korea Selatan dikenalkan dengan budaya Indonesia melalui kegiatan pembuatan sablon pada medium tote bag di Universitas Ciputra (UC) Surabaya, Senin (22/1).

Dosen Visual Communication Design UC Alexandra Ruth mengatakan pemilihan sablon sebagai media pengenalan budaya itu dikenalkan dengan cara mendesain secara manual.

Pengerjaannya dilakukan dengan teknik screen printing untuk memberikan pengalaman secara langsung.

"Ada 21 mahasiswa dari INHA University yang melakukan kunjungan. Ini merupakan yang pertama kali dan mereka berasal dari berbagai latar belakang jurusan seperti teknik mesin, informatika, manajemen yang belum pernah menyentuh sablon secara manual," kata Alexandra.

Dia menjelaskan pembuatan sablon tersebut memberikan kesempatan para mahasiswa dari Korea Selatan tersebut belajar mendesain secara simpel.

"Mereka langsung praktik membuat sablon di totebag. Desain gambar yang dipilih adalah perwakilan budaya seni di Indonesia, seperti busana dan tarian daerah," ujarnya.

Selain itu, disisipkan beberapa kata-kata sapaan dalam bahasa Indonesia, seperti terima kasih dan sampai jumpa di atas totebag tersebut.

"Jadi, kami ingin bisa memberikan kesan memorable ke teman-teman INHA University lewat hasil sablon," tuturnya.

Mahasiwa INHA University Korea Selatan belajar budaya Indonesia lewat sablon manual menggunakan medium tote bag.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News