Kebakaran Hutan Makin Meluas, Puncak B29 Lumajang Ikut Ditutup

Sabtu, 02 September 2023 – 11:06 WIB
Kebakaran Hutan Makin Meluas, Puncak B29 Lumajang Ikut Ditutup - JPNN.com Jatim
Arsip - Puncak B29 di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jatim. ANTARA/HO-Diskominfo Lumajang

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Kebakaran hutan dan lahan di wilayah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) makin meluas. Walhasil, objek wisata Puncak B29 di Desa Argosari Kabupaten Lumajang ikut ditutup untuk sementara.

Kepala Dinas Pariwisata Lumajang Yuli Harismawati mengatakan hal tersebut dilakukan demi keamanan dan keselamatan wisatawan.

"Kebakaran hutan di kawasan TNBTS makin meluas maka kami menutup objek wisata B29 sejak hari ini hingga batas waktu yang tidak ditentukan," kata Yuli, Jumat (1/9).

Menurutnya, titik api yang terpantau tersebut sudah meluas ke kawasan P30 dan Blok Jantur karena semak belukar dan ilalang yang kering dengan cuaca yang cukup panas serta angin kencang membuat api menjalar dengan cepat.

"Api dikabarkan sudah mulai menjalar menuju kawasan wisata B29 yang berada di Desa Argosari, Kecamatan Senduro sehingga kami tutup objek wisata itu demi keselamatan pengunjung," ujarnya.

Dia menjelaskan penutupan kawasan objek wisata di atas awan tersebut juga untuk memaksimalkan penanganan petugas gabungan dalam memadamkan kebakaran yang berada di kawasan TNBTS.

"Kami bekerja sama dengan berbagai pihak menyampaikan informasi terkait penutupan objek wisata B29 tersebut. Namun, kami belum bisa memastikan kapan dibuka kembali, melihat situasi dan kondisi kebakaran itu," tuturnya.

Yuli berharap petugas gabungan bisa memadamkan karhutla di kawasan TNBTS sehingga objek wisata B29 bisa kembali dibuka untuk masyarakat umum.

Objek wisata Puncak B29 Lumajang ikutan ditutup akibat meluasnya kebakaran hutan di wilayah TNBTS.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News