Membanggakan, Daerah Penghasil Buah Naga Terbesar di Indonesia Ini Mulai Ekspor

Selasa, 22 Maret 2022 – 07:25 WIB
Membanggakan, Daerah Penghasil Buah Naga Terbesar di Indonesia Ini Mulai Ekspor - JPNN.com Jatim
Petani melintas di area perkebunan buah naga di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (22/1/2019). Antara Jatim/Budi Candra Setya/ZK

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Banyak masyarakat yang mungkin belum tahu bahwa Banyuwangi menjadi daerah penghasil buah naga terbesar di Indonesia.

Data Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi mencatat luas areal tanaman buah naga di kabupaten setempat saat ini sekitar 3.786 hektare dengan produksi mencapai 82.544 ton per tahun.

Dengan produksi sebanyak itu, Kabupaten Banyuwangi dikenal sebagai penghasil buah naga terbesar di Indonesia.

Sentra budi daya buah naga Kabupaten Banyuwangi lebih banyak berada di wilayah bagian selatan yang meliputi Kecamatan Purwoharjo, Tegaldlimo, Pesanggaran, Siliragung, Cluring, Srono, Bangorejo, dan Sempu.

Terbaru, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani bersama dengan eksportir melakukan pertemuan membahas rencana ekspor hasil pertanian buah naga ke mancanegara.

"Itu adalah kabar gembira bagi para petani Banyuwangi. Semoga nanti ketika musim panen tiba, harga buah naga tetap stabil karena pangsa pasarnya lebih luas lagi," ujar Bupati Ipuk, Senin (21/3).

Rencana ekspor perdana buah naga dan sejumlah komoditas pertanian Banyuwangi itu dilaksanakan pada 24 Maret 2022.

Ada 15 desa di Kabupaten Banyuwangi yang hasil pertaniannya ikut dalam ekspor perdana tersebut, antara lain, Jambewangi (Kecamatan Sempu) dan Sumberagung (Kecamatan Pesanggaran).

Daerah penghasil buah naga terbesar nasional di Jatim ini bakal melakukan ekspor perdana pada 25 Maret nanti.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News