Manfaat Kopi Selain Diminum, Penikmatnya Wajib Tahu

Jumat, 11 Maret 2022 – 13:58 WIB
Manfaat Kopi Selain Diminum, Penikmatnya Wajib Tahu - JPNN.com Jatim
Salah satu petani kopi sedang membersihkan kebunnya di Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Foto: Ridho Abdullah/JPNN.com.

jatim.jpnn.com, MALANG - Kopi tidak hanya bermanfaat ketika diminum oleh penikmatnya. Namun juga bermanfaat sebagai tanaman penyanggah untuk mencegah adanya longsor seperti di daerah perbukitan Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang.

Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Malang Wahyulis mengatakan salah satu faktor utama adanya penanaman kopi di Desa Taji yang dilakukan secara serentak karena seringnya terjadi longsor ketika musim penghujan.

Menurutnya, tanaman kopi multifungsi karena ada manfaat ekonomi dan lingkungan. Dengan banyaknya petani yang menanam kopi di lahan kritis, khususnya di perbukitan gundul diharapkan bisa meminimalisir erosi.

"Para petani ada yang menyewa di Perhutani untuk lahan dan diberikan syarat harus tanam tumbuhan kopi sehingga kami terkadang memberi bibit ke petani langsung," ucap Wahyulis, Jumat (11/3).

Berdasarkan data dari Dinas Pertanian Kabupaten Malang, tahun 2022 ada tanah seluas 250 hektare lahan kopi robusta dan 150 hektare lahan kopi arabika.

"Masih perlu sosialisasi dan kesadaran bagi petani untuk melakukan petik merah dan keterampilan yang lain supaya hasil produk kopinya bisa baik dan bisa meniru daerah lain," tuturnya.

Nah, untuk kopi taji sendiri rasanya masih variatif dan belum seragam. Hal itu karena prosedur yang dilakukan pascapanen masih belum maksimal.

Ke depannya akan dilakukan pengembangan secara lebih lanjut agar hasilnya bisa lebih baik.

Para petani di Desa Taji Malang memanfaatkan tanaman kopi untuk mencegah longsor, bagaimana caranya?
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News