Kapolres Tak Main-Main, Premanisme yang Menghantui Petani Kopi di Jember Siap-Siap Saja

Rabu, 10 Agustus 2022 – 10:40 WIB
Kapolres Tak Main-Main, Premanisme yang Menghantui Petani Kopi di Jember Siap-Siap Saja - JPNN.com Jatim
Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo berbincang dengan salah satu warga yang rumahnya dibakar sekelompok orang di Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo, Kabupaten Jember, Kamis (4/8/2022). (ANTARA/HO-Polres Jember)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo mengatakan bakal menindak tegas aksi premanisme yang selama ini menghantui para petani kopi dan terus melakukan pengusutan terhadap tindakan kriminal yang dilakukan warga.

"Kami sudah menempatkan personel di titik-titik rawan serta membentuk tim khusus yang akan menyelidiki akar dari permasalahan yang berujung pada aksi pembakaran rumah dan kendaraan," kata Hery.

Dia meminta warga dari dua desa melaporkan ke aparat kepolisian jika terjadi intimidasi atau upaya pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab mencoba melakukan adu domba.

"Aksi premanisme yang dilakukan sebagian kelompok sedang kami lakukan perburuan terhadap mereka dan meminta warga tidak mudah percaya jika ada pihak-pihak yang memberikan janji bisa menyelesaikan batas lahan kebun kopi," tuturnya.

Hery juga meminta kepada kedua pihak desa bisa menahan diri dan tidak mudah terprovokasi yang bisa menjurus kepada tindak pidana karena hal tersebut justru merugikan diri sendiri.

Bupati Jember Hendy Siswanto dan Sekda Kabupaten Banyuwangi telah membuat kesepakatan bersama mengatasi konflik tersebut. Mereka siap menjaga kondusifitas wilayah dengan merespons permasalahan yang terjadi di masyarakat.

Selain itu, mengedepankan musyawarah mufakat dalam menyelesaikan segala bentuk permasalahan.

Selanjutnya, kedua pihak sama-sama memperkuat ketahanan wilayah dan sinergi para pemangku kepentingan dan terakhir mempercayakan penyelesaian permasalahan hukum yang terjadi sepenuhnya kepada pihak berwajib.

Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo bakal tak main-main, aksi premanisme yang menghantui petani kopi bakal ditindak tegas, siap-siap saja.
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News