12 Jenis Anggrek Asal Lumajang ini Akan Dipatenkan di Lembaga Internasional, Wow

Kamis, 04 November 2021 – 13:09 WIB
12 Jenis Anggrek Asal Lumajang ini Akan Dipatenkan di Lembaga Internasional, Wow - JPNN.com Jatim
Wabup Lumajang Indah Amperawati melihat jenis anggrek saat audiensi dengan PAI Lumajang di ruang kerjanya, Rabu (3/11/2021). (ANTARA/HO-Diskominfo Lumajang)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Sebanyak 12 jenis bunga anggrek hybrid hasil persilangan yang dilakukan Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kabupaten Lumajang didaftarkan ke lembaga paten internasional yang berpusat di Inggris.

Ketua PAI Lumajang Eko YP di Lumajang, Rabu (3/11), mengatakan bunga-bunga anggrek tersebut berasal dari kerja sama berupa kemitraan dengan para petani.

"Kami adakan program kemitraan dengan petani plasma dan kami jamin pasarnya, sehingga harapannya ke depan ada dukungan dari pemerintah daerah," jelasnya.

Adapun nama-nama 12 jenis anggrek hybrid tersebut antara lain Pesona Lumajang, Lumajang Unik, dan Mini Lumajang.

"Harapannya, pembudidayaan bunga anggrek di Lumajang ini dapat berkembang luas dan memiliki peminat yang banyak," ujar Eko.

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati menerangkan pihaknya telah mempersiapkan green house anggrek di Bumi Perkemahan Glagah Arum di Desa Kandang Tepus, Kecamatan Senduro, untuk dijadikan fasilitas edukasi jenis dan spesies anggrek endemik Gunung Semeru.

Indah juga mengaku mendukung kegiatan yang dilakukan PAI Lumajang untuk membudidayakan anggrek utamanya anggrek endemik Gunung Semeru.

"Dari 12 jenis anggrek itu, ada satu jenis anggrek yang saya kasih nama, yakni Anggrek Lumajang Eksotik," tukasnya. (antara/mcr17/jpnn)

Sebanyak 12 jenis bunga anggrek hybrid hasil persilangan yang dilakukan PAI Kabupaten Lumajang didaftarkan ke lembaga paten internasional

Redaktur & Reporter : Febriansyah

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News