Bangunan Lapas Jember Disemprot Disinfektan Usai Sejumlah Napi Positif Covid-19

Selasa, 27 April 2021 – 19:15 WIB
 Bangunan Lapas Jember Disemprot Disinfektan Usai Sejumlah Napi Positif Covid-19 - JPNN.com Jatim
Petugas PMI Jember melakukan penyemprotan disinfektan di Lapas Kelas II-A Jember pada Selasa (27/4/2020) setelah belasan narapidana terkonfirmasi positif COVID-19. (ANTARA/ HO-PMI Jember)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Petugas Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) menyemprotkan disinfektan di Lapas Kelas II-A Jember usai belasan narapidana dinyatakan positif Covid-19.

Ketua PMI Jember E.A. Zaenal Marzuki mengatakan dibutuhkan cairan disinfektan sebanyak 1.000 liter untuk menyemprot seluruh bangunan lapas guna mencegah penyebaran Covid-19.

"Kami siap membantu seluruh pihak yang ada di Jember, termasuk di lapas setelah ada narapidana dan petugas yang terkonfirmasi positif Covid-19," katanya.

PMI Jember juga memberikan vitamin kepada warga binaan dan petugas lapas untuk menjaga imunitas.

Kepala Lapas Jember Yandi Suwandi mencaritakan awalnya satu narapidana perempuan di blok wanita mengalami muntah-muntah dan sesak napas, akhirnya dirujuk di RSD dr Soebandi Jember.

Setelah dilakukan tes usap, ternyata napi wanita tersebut positif Covid-19, sehingga menjalani isolasi di rumah sakit.

"Sebagai bentuk antisipasi kami melakukan tes usap kepada 36 narapidana di blok wanita, lima petugas, dan narapidana yang berada di tamping kesehatan yang melakukan kontak erat," tutur Yandi.

Hasil tes usap kemudian menunjukkan 10 narapidana perempuan, satu petugas, dan satu narapidana laki-laki yang berada di ruang tamping kesehatan terkonfirmasi positif Covid-19.

Petugas Petugas Palang Merah Indonesia (PMI) menyemprotkan disinfektan di Lapas Kelas II-A Jember usai belasan narapidana dinyatakan positif Covid-19.