Produk Olahan Ikan UMKM Madiun Masuk Uji Laboratorium, Tak Sehat?

Sabtu, 23 Oktober 2021 – 16:16 WIB
Produk Olahan Ikan UMKM Madiun Masuk Uji Laboratorium, Tak Sehat? - JPNN.com Jatim
Tim Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur mengambil sampel produk olahan ikan sejumlah UMKM Kota Madiun guna dilakukan uji laboratorium untuk melihat mutu dan kandungan gizi dalam kegiatan bazar UMKM produk olahan ikan di Lapangan Gulun, Madiun, Jumat (22/10/2021). (ANTARA/HO-Diskominfo Kota Madiun)

jatim.jpnn.com, MADIUN - Produk olahan ikan sejumlah UMKM Kota Madiun diperiksa Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melalui uji laboratorium.

Analis Mutu Hasil Perikanan DKP Provinsi Jatim Suprastiwi di Madiun, Jumat (22/10), mengatakan uji laboratorium tersebut bertujuan melihat mutu dan kesehatan makanan olahan UMKM.

"Kami lakukan uji laboratorium sebagai bentuk pemantauan produk kelautan dan perikanan," ujar Suprastiwi.

Menurut dia, ada tiga parameter utama dalam uji laboratorium sebuah makanan, yakni parameter mikrobiologi, kimia, dan organoleptik.

"Setelah hasil uji keluar, ini akan menjadi bahan evaluasi bagi dinas setempat, khususnya terkait nilai gizi dan keamanan suatu produk olahan ikan," paparnya.

Adapun produk olahan ikan yang diuji tersebut dilakukan pada sejumlah produk UMKM yang mengikuti kegiatan Bazar Produk Olahan Ikan di Lapangan Gulun, Kota Madiun. Kegiatan tersebut digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota pada 22-24 Oktober 2021.

Sementara itu, Kasi Pengolahan dan Pemasaran Produk Perikanan DKPP Kota Madiun Yeni Adi Widiastuti menyebutkan ada sebanyak 15 pelaku usaha kecil olahan ikan yang mengikuti bazar.

"Harapannya, produk olahan ikan di Kota Madiun bisa semakin dikenal masyarakat serta kualitasnya terjamin sesuai dengan standar mutu pangan," terang Yeni. (antara/mcr17/jpnn)

Produk olahan ikan sejumlah UMKM Kota Madiun diperiksa Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur melalui uji laboratorium.

Redaktur & Reporter : Febriansyah

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News