Mahasiswa Unair Bantu Pengairan Desa di Bangkalan dengan Panel Surya

Kamis, 21 Oktober 2021 – 04:34 WIB
Mahasiswa Unair Bantu Pengairan Desa di Bangkalan dengan Panel Surya - JPNN.com Jatim
Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) menggunakan panel surya untuk melakukan pengairan di Desa Ko’ol, Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan. Foto: Unair.ac.id

jatim.jpnn.com, BANGKALAN - Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) menggunakan panel surya untuk melakukan pengairan di Desa Ko’ol, Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan.

Tim mahasiswa yang tergabung dalam Organisasi Jamaah Intelektual Mahasiswa Muslim (JIMM) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Unair tersebut menyebutkan Desa Ko’ol termasuk daerah yang kesulitan mendapatkan air bersih, terutama untuk menghidupi sektor pertanian.

Ketua tim Wahyu Addin Pratama mengatakan dari permasalahan kekeringan tersebut timnya menginisiasi  membuat sumur bor yang dilengkapi dengan pompa submersible dengan kedalaman sekitar 70-80 meter. 

Pompa tersebut nantinya akan diaktifkan dengan menggunakan panel surya. Penggunaan panel surya tersebut guna meminimalisir emisi karbon dan memanfaatkan sumber daya lingkungan daerah setempat.

Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) menggunakan panel surya untuk melakukan pengairan di Desa Ko’ol, Kecamatan Klampis, Kabupaten Bangkalan.
Sumber Antara