KA Ranggajati Jember-Cirebon Kembali Beroperasi, Khusus Akhir Pekan

Kamis, 23 September 2021 – 17:30 WIB
KA Ranggajati Jember-Cirebon Kembali Beroperasi, Khusus Akhir Pekan - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - KA Ranggajati rute Jember-Cirebon kembali beroperasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, JEMBER - PT KAI (Persero) mengoperasionalkan kembali Kereta Api Ranggajati rute Jember (Jawa Timur)- Cirebon (Jawa Barat) pulang pergi. Namun perjalanan tersebut hanya dibuka setiap akhir pekan saja mulai Jumat, 24 September 2021.

"Itu sebagai komitmen KAI melayani masyarakat yang ingin bepergian keluar kota, terutama tujuan Cirebon maupun sebaliknya," kata Vice President Daop 9, Broer Rizal, Kamis (23/9).

Dia memaparkan KA Ranggajati akan beroperasi setiap akhir pekan saja, seperti di minggu ini, 24 hingga 26 September 2021. Nantinya, KAI akan melakukan evaluasi kembali sembari melihat respons masyarakat.

Selain menjalankan kembali KA Ranggajati, KA Wijayakusuma pun mengalami penambahan jadwal keberangkatan yang sebelumnya hanya di akhir pekan, 24-26 September ini, kini ditambah pada 23, 27 dan 30 September 2021.

Dengan demikian, jumlah perjalanan kereta api jarak jauh di wilayah Daop 9 Jember bertambah dan diharapkan dapat melayani masyarakat yang bepergian ke luar kota dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat.

Broer memaparkan calon penumpang harus memenuhi sejumlah persyaratan untuk melakukan perjalanan dengan menggunakan moda transportasi kereta api.

Mereka harus sudah tervaksinasi COVID-19 minimal dosis pertama, bukti pemberian vaksin pun dicek oleh petugas melalui layar komputer boarding sebelum naik kereta.

Adapun bagi pelanggan dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbiditas yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksin, wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

KA Ranggajati rute Jember-Cirebon pulang pergi kembali beroperasi, namun hanya di akhir pekan saja.
Sumber Antara