Mau Melahirkan, Ibu Hamil di Jember ini Harus Ditandu Lewati Sungai Kering

Kamis, 23 September 2021 – 08:10 WIB
Mau Melahirkan, Ibu Hamil di Jember ini Harus Ditandu Lewati Sungai Kering - JPNN.com Jatim
Tangkapan layar sejumlah warga menandu ibu hamil melintasi sungai kering di Kecamatan Silo, Kabupaten Jember, Jawa Timur. (ANTARA Jatim/Hamka Agung

jatim.jpnn.com, JEMBER - Seorang ibu, warga Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember yang akan melahirkan harus ditandu melewati sungai kering berbatu demi bisa segera sampai ke mobil puskesmas yang berada di seberang desa.

Aksi penangan sang ibu hamil tersebut direkam oleh warga dan viral di media sosial. Dalam video tampak warga harus menuruni jalanan terjal dan becek.

Meski dengan kondisi jalanan yang berbatu itu, jalur itu sudah merupakan alternatif tercepat untuk bisa segera membawa sang ibu mendapatkan tindakan persalinan dari pihak medis di Puskesmas Silo 2.

Kepala Camat Silo, Mohamad Winardi membenarkan adanya peristiwa tersebut di daerahnya. Menurut dia, tindakan itu diambil agar sang ibu bisa segera sampai di mobil puskesmas.

Winardi mengatakan jika melewati jalan pintas tersebut hanya sekitar 20 meter menuju mobil puskesmas, sementara kalau melewati jalanan alternatif yang sering dipakai warga harus memutar dan memakan waktu yang lama.

"Sebenarnya ada jalan alternatif lain. Namun itu harus memutar dulu agak jauh baru bisa ketemu lagi sama jalan desa jalur menuju puskesmas itu. Karena memang perhitungan waktu dan disegerakan harus sampai di puskesmas, maka segera diambil tindakan itu," jelas Winardi.

Aksi tersebut berjalan tanpa hambatan, dikabarkan sang ibu melahirkan dengan normal usai ditangani pihak puskesmas.

Untuk mengantisipasi peristiwa serupa, pemerintah kemudian langsung membuat jalan alternatif baru bagi warga yang berada di lereng Gunung Gumitir tersebut.(antara/mcr17/jpnn)

Seorang ibu, warga Mulyorejo, Kecamatan Silo, Kabupaten Jember yang akan melahirkan harus ditandu melewati sungai kering berbatu...
Sumber Antara