KA Mutiara Timur Banyuwangi-Yogyakarta Beroperasi Lagi, Lihat Jadwalnya!

Kamis, 07 Oktober 2021 – 21:30 WIB
KA Mutiara Timur Banyuwangi-Yogyakarta Beroperasi Lagi, Lihat Jadwalnya! - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - PT Kereta Api Indonesia (KAI) DAOP 9 Jember menyampaikan KA Mutiara Timur rute Banyuwangi-Yogyakarta kembali beroperasi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, JEMBER - KA Mutiara Timur dengan rute Stasiun Ketapang Banyuwangi-Yogyakarta pulang pergi (PP) beroperasi kembali sedari Oktober ini, namun sebatas pada akhir pekan saja.

"Untuk sementara waktu, KA Mutiara Timur beroperasi pada Jumat dan Minggu saja, yakni dimulai 15, 17, 22, 24, 29, dan 31 Oktober 2021," kata Vice President PT KAI (Persero) Daop 9 Jember Broer Rizal, Kamis (7/10).

Dia menerangkan dioperasikannya kembali KA itu sebagai komitmen KAI guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan kereta api dengan memberikan banyak pilihan.

Akan tetapi, calon penumpang sebelumnya harus memenuhi sejumlah persyaratan perjalanan.

"Penumpang diharuskan sudah disuntik vaksin COVID-19 minimal dosis pertama dan bukti vaksinasi itu akan dicek petugas melalui layar komputer sebelum naik kereta," ujar dia.

Dia pun menerangkan data vaksinasi akan otomatis muncul pada layar komputer petugas boarding lantaran KAI telah mengintegrasikan aplikasi PeduliLindungi dengan sistem keberangkatan mereka.

Jika keterangan vaksinasi tak muncul di layar komputer petugas boarding, maka selanjutnya akan dilakukan pengecekan secara manual, yakni dengan menunjukkan bukti cetak sertifikat vaksin kepada petugas.

Adapun bagi penumpang dengan kondisi kesehatan khusus atau memiliki penyakit komorbiditas yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksin, wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah.

KA Mutiara Timur dengan rute Stasiun Ketapang Banyuwangi-Yogyakarta pulang pergi (PP) beroperasi kembali sedari Oktober ini.
Sumber Antara