Warga Surabaya 2 Kali Lipat Alami Masalah Psikologis Selama Pandemi

Senin, 13 September 2021 – 19:46 WIB
Warga Surabaya 2 Kali Lipat Alami Masalah Psikologis Selama Pandemi - JPNN.com Jatim
ilustrasi- Dokter Spesialis Kejiwaan RS Unair dr Brihastami Sawitri SpKJ mengungkapkan karena pandemi warga Surabaya banyak alami masalah psikologis. Foto : Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dokter Spesialis Kejiwaan RS Universitas Airlangga (RS Unair) dr Brihastami Sawitri SpKJ mengungkapkan karena pandemi warga Surabaya banyak yang mengalami masalah psikologis.

"Beberapa masalah itu seperti cemas, depresi dan post-traumatic stres disorder (PTSD). Masalah ini telah meningkatkan dua kali lipat," jelasnya di Surabaya, Senin.

Gangguan psikologi tersebut dialami oleh orang yang memikirkan dirinya atau memikirkan orang terdekat seperti keluarga, tetangga atau rekan kerja.

"Khusus untuk PTSD, dialami penderita long Covid-19. Ketika mereasakan gejalanya membuat mereka makin cemas, insomnia, otot sakit semua, dan lain sebagainya," paparnya.

Selain itu, gangguan tersebut akan semakin parah dengan semakin banyaknya varian virus Covid-19 yang muncul.

Lalu, kata Brihastami, mereka yang stres juga bisa disebabkan karena melihat banyak masyarakat yang tidak patuh pada protokol kesehatan.

Mengenai solusinya, selain konsultasi ke psikolog, salah satu hal sederhana yang bisa dilakukan adalah mengambil napas dan memahami apa yang sedang dialami.

"Itu setidaknya akan sedikit melegakkan dan membuat pikiran menjadi tenang," pungkasnya. (genpi/mcr17/jpnn)

Sumber Genpi