Wariskan Batik Nusantara, Mahasiswa Unesa Rancang Aplikasi E-Batik, Keren!

Senin, 13 September 2021 – 15:27 WIB
Wariskan Batik Nusantara, Mahasiswa Unesa Rancang Aplikasi E-Batik, Keren! - JPNN.com Jatim
Mahasiswa Unesa rancang aplikasi E-Batik demiwariskan batik nusantara. Foto: Unesa.ac.id

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Batik di nusantara memiliki berbagai macam motif. Salah satu faktornya adalah suku dan budaya yang berbeda-beda.

Ragam pakaian batik di nusantara inilah yang mendorong mahasiswa Universitas Surabaya (Unesa) merancang aplikasi E-Batik Nusantara.

Mahasiswa Unesa tersebut antara lain Aas Nafilah Ilmi, Novan Ari Pradana, Moch. Anan Charismadeyanto, Maharani Syahdilla Putri W, dan Ama Fatmala. Mereka tergabung ke dalam tim Terdiri dari lima mahasiswa PKM RSH Unesa.

Ketua tim, Aas Nafilah Ilmi, mejelaskan E-Batik dirancang sebagai upaya mewariskan batik di Indonesia.

"Aplikasi ini digunakan sebagai sarana dan media pembelajaran dalam memahami batik, mulai dari macam-macamnya, motif hingga maknanya di berbagai daerah asalnya," terang Aas.

Menurut dia, aplikasi E-Batik sudah dikembangkan berdasarkan riset dan sudah melewati tahap ujicoba dan mulai digunakan di sekolah Kota Surabaya.

Mengenai cara kerjanya, lanjut Aas, E-Batik menggunakan metode augmented reality dengan bantuan combine close.

"Jadi, tampilan utama akan muncul peta Indonesia dulu, lalu klik salah satu daerah yang ingin diketahui, di situ akan muncul ikon model berbaju batik ciri khas daerah itu disertai keteraangan maknanya," paparnya.

Batik di nusantara memiliki berbagai macam motif. Salah satu faktornya adalah suku dan budaya yang berbeda-beda.
Sumber unesa