Rayakan HUT RI Ke-76, Batik dari Jember ini Cocok Dikenakan Besok

Senin, 16 Agustus 2021 – 16:21 WIB
Rayakan HUT RI Ke-76, Batik dari Jember ini Cocok Dikenakan Besok - JPNN.com Jatim
Batik kemerdekaan yang didesain khusus oleh perajin batik Jember Wulandari untuk memeriahkan HUT ke-76 Republik Indonesia (ANTARA/Zumrotun Solichah)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Perajin batik di Kabupaten Jember, Jawa Timur, merayakan hari kemerdekaan dengan menciptakan kain batik bertema kemerdekaan atau batik kemerdekaan

"Saya berkreasi membuat batik bertema kemerdekaan. Harapannya, produk ini bisa diterima baik oleh pasar pada momentum Agustusan tahun ini," kata perajin batik Wulandari di Kecamatan Mayang, Kabupaten Jember, Senin.

Wulandari mengatakan ia sengaja membuat batik kemerdakaan untuk merayakan HUT RI ke-76 sekaligus berterima kasih kepada para pahlawan.

Batik kemerdekaan Wulandari ini bermotif daun tembakau serta berwarna merah dan putih. Motif daun tembakau dipilih karena merupakan motif khas Jember. Sementara warna merah putih selain unik, menurt Wulandari, warna tersebut tampak minimalis.  

Soal harga, Wulandari mengatakan kain batik yang memadukan batik tulis dengan cap tersebut cukup terjangkau.

"Batik kemerdekaan hanya Rp100 ribu per potong dengan ukuran 2 meter. Ukuran begitu sudah cukup untuk dibuat baju," katanya.

Beberapa hari menjelang perayaan HUT ke-76 RI, yakin pada Selasa,17 Agustus 2021, puluhan potong kain batik kemerdekaan sudah terjual. (antara/mcr17/jpnn)

Perajin batik di Kabupaten Jember, Jawa Timur, merayakan hari kemerdekaan dengan menciptakan kain batik bertema kemerdekaan
Sumber Antara