Dosen dan Mahasiswa Unesa Latih Lansia Usia 100 Tahun di Surabaya Main Karawitan

Senin, 01 November 2021 – 21:02 WIB
Dosen dan Mahasiswa Unesa Latih Lansia Usia 100 Tahun di Surabaya Main Karawitan - JPNN.com Jatim
Tim dosen dan mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya (Unesa) memberikan pelatihan karawitan kepada para lansia di UPTD Griya Werdha, Kota Surabaya, guna memberdayakan dan meningkatkan harapan hidup para lansia. Foto: unesa.ac.id

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Tim dosen dan mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Surabaya (Unesa) memberikan pelatihan karawitan kepada para lansia di UPTD Griya Werdha, Kota Surabaya, guna memberdayakan dan meningkatkan harapan hidup para lansia.

Para lansia yang ikut dalam pelatihan tersebut ada sebanyak 15 orang dan semuanya berusia 80 tahun ke atas, bahkan ada yang berumur 100 tahun.

Dekan FBS Unesa Dr. Trisakti, M.Si mengatakan latihan karawitan dipilih dari hasil diskusi dengan Dinas Sosial Kota Surabaya.

"Dalam obrolan itu, ternyata para lansia rindu dengan permainan alat musik tradisional. Jadi, kami sepakat adakan pelatihan seni karawitan ini, dengan sederhana saja," jelasnya.

Trisakti mengaku tersentuh setelah melihat para orang tua tersebut pentas internal dengan menampilkan Tembang Bang-bang Wus Rahina dan Lir-ilir.

“Saya tersentuh, mereka sangat antusias, bahkan sebelum jam pelatihan, mereka sudah menunggu kami di ruangan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua pelaksana Joko Winarko, S.Sn. M.Sn, mengungkapkan tujuan pelatihan tersebut untuk memberdayakan, merangkul dan mengukir senyum atau menghibur para lansia.

"Selain itu, ini bukti kalau usia bukan penghalang dalam melakukan banyak hal yang bermanfaat," paparnya.

Tim dosen dan mahasiswa Fakultas Bahasa dan Seni Unesa memberikan pelatihan karawitan kepada para lansia usia 100 tahun di UPTD Griya Werdha
Sumber unesa
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News