Pemprov Jatim Luncurkan 7 Ambulans untuk Lansia

Sabtu, 11 September 2021 – 21:45 WIB
Pemprov Jatim Luncurkan 7 Ambulans untuk Lansia - JPNN.com Jatim
Jumlah orang tua yang sudah lanjut usia di Jawa Timur cukup banyak. Oleh karena itu, Pemprov luncurkan 7 unit ambulans khusus menangani mereka. Foto: Instagram @khofifah.ip

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Jumlah orang tua yang sudah lanjut usia di Jawa Timur cukup banyak. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2021 tercatat ada sebanyak 4,3 juta orang tua berusia 60 tahun ke atas.

Jumlah tersebut tersebar di seluruh wailayah Jawa Timur dan adakalanya tidak bisa dijangkau oleh fasilitas umum yang disediakan.

Mengingat usia mereka sangat rentan Covid-19, maka perlu adanya layanan khusus bagi para lansia.

Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, menyiapkan tambahan layanan jangkauan kepada pada lansia, yakni tujuh unit mobil ambulans.

Pemprov langsung menyerahkan tujuh unit tersebut ke masing-masing tujuh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan Sosial Tresna Werdha yang ada di Jawa Timur, Jumát (10/9).

Ketujuh UPT tersebut yaitu Pasuruan, Jombang, Magetan, Blitar, Bondowoso, Jember dan Banyuwangi, Jumát

Ambulans tersebut dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang akan menunjang para lansia seperti tempat tidur, tabung oksigen, regulator dan alat medis lainnya.

Layanan mobil ambulasn tersebut akan disiapkan untuk memberikan layanan penjangkauan non-panti bagi para lansia.

"Semoga dapat dipergunakan sebaik-baiknya dan bermanfaat bagi masyarakat banyak," ujar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa usai menyyerahkan secara simbolis tujuh unit mobil tersebut. (mcr17/jpnn)

Jumlah orang tua yang sudah lanjut usia di Jawa Timur cukup banyak. Oleh karena itu, Pemprov luncurkan 7 unit ambulans khusus menangani mereka..