Akhir September Ini, Kekebalan Komunal di Surabaya Ditargetkan Terwujud

Minggu, 05 September 2021 – 18:00 WIB
Akhir September Ini, Kekebalan Komunal di Surabaya Ditargetkan Terwujud - JPNN.com Jatim
Vaksinasi Covid-19. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Wali Kota Surabaya, Jawa Timur Eri Cahyadi menargetkan kekebalan komunal (herd immunity) di daerahnya tercapai 100 persen pada akhir September 2021.

"Capaian vaksinasi COVID-19 dosis pertama di Kota Surabaya saat ini sekitar 87 persen. Lalu, untuk dosis kedua 61 persen," kata Eri, Minggu (5/9).

Kendati saat ini sudah awal September, dia tetap optimistis targetnya itu dapat terealisasi.

Pasalnya, pihaknya sekarang mendapat pasokan vaksin dari pemerintah pusat tiap dua minggu sekali.

Terlebih, pemkot, polrestabes, dan forkopimda setempat memiliki mobil vaksin yang digencarkan di tiap kelurahan sejak beberapa waktu lalu.

"Vaksinasi juga kami lakukan di puskesmas-puskesmas Surabaya," ujar dia.

Dengan demikian, Eri memperkirakan perekonomian di Surabaya akan kembal bergerak normal dalam waktu dekat kendati masih di masa pandemi.

"Kalau warganya sudah tervaksin, semua sektor akan dapat kembali bergerak," tutur dia.

Selain itu, bila herd immunity di daerahnya tercapai, Eri bakal bersiap membantu daerah lain di Surabaya Raya untuk melakukan percepatan vaksinasi COVID-19.

"Kami bisa bantu nakes (tenaga kesehatan) apabila diperlukan ke Sidoarjo dan Gresik. Karena wilayah aglomerasi itu merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Oleh sebab itu, harus saling bahu-membahu," ucap dia. (antara/mcr13/jpnn)  

Wali Kota Surabaya, Jawa Timur Eri Cahyadi menargetkan kekebalan komunal (herd immunity) di daerahnya tercapai 100 persen pada akhir September 2021.
Sumber Antara