Tekan Angka Kematian, 252 Warga Isoman di Banyuwangi Dipindah ke Isoter

Kamis, 26 Agustus 2021 – 20:42 WIB
Tekan Angka Kematian, 252 Warga Isoman di Banyuwangi Dipindah ke Isoter - JPNN.com Jatim
Bupati Ipuk Fiestiandani Azwar Anas bersama Forkopimda Banyuwangi. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi)

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Sebanyak 252 warga Banyuwangi yang menjalani isolasi mandiri (isoman) dipindah ke lokasi isolasi terpusat (isoter) yang tersebar di seluruh kecamatan dalam sepekan belakangan.

"Dengan dipindah ke isolasi terpusat dapat memudahkan pemantauan sekaligus mengurangi risiko keparahan dan kematian," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Kamis (26/8).

Dia menerangkan per 25 Agustus 2021 ada 501 kasus aktif COVID-19 di Banyuwangi. Bagi mereka yang komorbid atau kondisi tempat isomannya tidak memungkinkan sebagian dipindah ke tempat isolasi terpusat.

"Isolasi terpusat itu kami harapkan pula mengurangi potensi penularan sehingga otomatis menekan jumlah kasus aktif," ujar dia.

Wakil Ketua Satgas COVID-19 Banyuwangi, Letkol Inf Yuli Eko Purwanto berkomitmen terus memantau perkembangan pelaksanaan isolasi terpusat.

"Secara bertahap kami pindahkan warga isoman menuju lokasi isoter dengan pendekatan persuasif," tutur Dandim 0825/ Banyuwangi itu.

Yuli Eko meminta satgas COVID-19 di tingkat desa maupun kecamatan juga terus meningkatkan fasilitas isolasi terpusat di wilayahnya.

Banyuwangi punya 23 fasilitas isolasi terpusat yang tersebar di berbagai kecamatan. Ada juga tempat isoter tingkat kabupaten, yaitu di Balai Diklat ASN yang berkapasitas 130 pasien. (antara/mcr13/jpnn)

Sebanyak 252 warga Banyuwangi yang menjalani isolasi mandiri (isoman) dipindah ke lokasi isolasi terpusat (isoter) di berbagai kecamatan.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News