Canggih, Warga Kampung Tembok Gede Surabaya Bikin Robot Delta

Sabtu, 31 Juli 2021 – 02:45 WIB
Canggih, Warga Kampung Tembok Gede Surabaya Bikin Robot Delta - JPNN.com Jatim
Robot Delta (kiri) hasil inovasi terbaru yang dibuat secara swadaya dan otodidak oleh warga di Kampung Pintar Jalan Tembok Gede III Surabaya. (ANTARA Jatim/Hanif Nashrullah)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Warga RT 3/RW 2, Jalan Tembok Gede III, Bubutan, Surabaya, menciptakan sebuah robot bernama Delta yang terinspirasi dari keresahan di tengah pandemi Covid-19.

Aseyan selaku salah satu ketua RT menjelaskan nama pada robot tersebut diambil dari Covid-19 varian Delta yang belakangan meresahkan warga Jalan Tembok Gede III.

"Kami rakit dalam kurun waktu seminggu. Kini kami fungsikan untuk menyemprot disinfektan di lingkungan permukiman warga demi pencegahan penularan COVID-19," kata Aseyan, Sabtu (31/7).

Lingkungan Tembok Gede III selama ini telah dikenal sebagai Kampung Pintar karena sebelumnya juga pernah menciptakan sebanyak dua unit robot.

Namun, dua unit robot terdahulu belum bisa bergerak atau berjalan jarak jauh namun telah mampu mengeluarkan suara yang bersifat imbauan.

Oleh sebab itu, kehadiran Robot Delta adalah inovasi terkini dari warga kampung Tembok Gede Surabaya, yang diharapkan ke depan dapat menarik kunjungan wisatawan.

Berbeda dengan dua unit robot pendahulunya, Robot Delta dapat dioperasikan dari jarak jauh dalam radius 100 meter.

"Robot Delta sebenarnya juga bisa berfungsi sebagai pelayan yang dapat menghidangkan berbagai suguhan kepada tamu-tamu yang kerap berkunjung ke kampung kami, dalam rangka menerapkan protokol kesehatan," ucap Aseyan.

Warga RT 3/RW 2, Jalan Tembok Gede III, Bubutan, Surabaya, menciptakan sebuah robot bernama Delta yang terinspirasi dari keresahan di tengah pandemi Covid-19.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia