Kado Spesial HUT ke-1.142 Kota Kediri: Koleksi Foto 'Tempoe Doeloe'

Rabu, 28 Juli 2021 – 23:07 WIB
Kado Spesial HUT ke-1.142 Kota Kediri: Koleksi Foto 'Tempoe Doeloe' - JPNN.com Jatim
Seorang pegawai Pemkot Kediri melihat langsung koleksi Kediri’s Photograph Museum-Ngronggo, yang dipamerkan guna menyemarakkan hari jadi Ke-1.142 Kota Kediri. ANTARA Jatim/ HO-Kominfo Kota Kediri

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Memperingati Hari Jadi ke-1.142 Kota Kediri, Jawa Timur, pemkot menggelar pameran foto kuno yang bertemakan 'Kediri Tempoe Doeloe' selama 26 Juli-5 Agustus 2021.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengatakan pameran foto tersebut memberikan pelajaran berharga tentang perkembangan Kota Kediri dari masa ke masa.

"Pameran itu juga kado bagi Kota Kediri yang pada, 27 Juli 2021 berulang tahun ke-1.142," kata Mas Abu, sapaan akrab wali kota, Rabu (28/7).

Dia pun berharap bangunan-bangunan bersejarah di Kota Kediri yang bertahan hingga sekarang harus tetap dilestarikan. Sebab, selain merupakan cagar budaya, juga merupakan destinasi wisata.

Kolektor foto kuno sekaligus pemilik Kediri’s Photograph Museum, Imam Mubarok menceritakan untuk mencari data foto kuno Kota Kediri memerlukan waktu penelusuran hingga tiga tahun.

"Alhamdulillah bisa mempersembahkan yang terbaik di hari jadi Kota Kediri ke-1.142 ini. Meski di masa pandemi COVID-19, bukan halangan untuk berkarya," ujar dia.

Imam menerangkan belasan foto koleksi yang dipajang di Balai Kota Kediri itu ada di Kediri’s Photograph Museum, Ngronggo.

Di pameran itu, tidak hanya wajah Pemkot Kediri, namun juga beberapa foto bangunan bersejarah yang ada di Kota Kediri.

Memperingati Hari Jadi ke-1.142 Kota Kediri, Jawa Timur, pemkot menggelar pameran foto kuno yang bertemakan 'Kediri Tempoe Doeloe' selama 26 Juli-5 Agustus 2021
Sumber Antara