HUT Ke-1.142 Kota Kediri, Warga Dapat Kiriman Hasil Bumi Usai Ritual Manusuk Sima

Rabu, 28 Juli 2021 – 03:07 WIB
HUT Ke-1.142 Kota Kediri, Warga Dapat Kiriman Hasil Bumi Usai Ritual Manusuk Sima - JPNN.com Jatim
Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (kiri) dan Kepala Disbudparpora Kota Kediri Nur Muhyar (kanan) memantau isi paket bahan pokok untuk warga isolasi dan lembaga sosial di Kota Kediri, Jawa Timur, Selasa (27/7/2021). Paket itu dibuat selesai kegiatan ritual "Manusuk Sima", yang merupakan rangkaian peringatan hari jadi Ke-1.142 Kota Kediri. ANTARA Jatim/ HO-Disbudparpora Kota Kediri

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Pemkot Kediri, Jawa Timur, membagikan hasil bumi kepada warga yang menjalankan isolasi dan lansia.

Pembagian hasil bumi tersebut dilakukan seusai ritual Manusuk Sima yang menjadi rangkaian peringatan HUT ke-1.142 Kota Kediri.

Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar mengaku perayaan ulang tahun wilayahnya memang tidak digelar seperti biasa karena pandemi Covid-19.

"Hari Jadi Ke-1.142 Kota Kediri kami lakukan secara virtual, sebab memang dalam aturan seluruh gelaran kebudayaan dilarang dilakukan seperti biasanya," kata Abdullah, Selasa (27/7).

Pria yang akrab disapa Mas Abu itu mengatakan hasil bumi yang biasanya jadi rebutan warga kini di antar ke sejumlah rumah lewat jaring pengaman sosial (Si Jamal).

Ritual Manusuk Sima dianggap sudah menjadi tradisi tahunan, untuk menghormati para leluhur pendiri Kediri.

Oleh sebab itu, kegiatan tersebut tetap diadakan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat dan secara virtual.

Nilai-nilai yang terkandung dalam ritual Manusuk Sima ini menjadi pengingat bahwa ada masa awal ketika Kediri ditetapkan menjadi sebuah wilayah perdikan, yang bertahan hingga sekarang.

Pemkot Kediri, Jawa Timur, membagikan hasil bumi kepada warga yang menjalankan isolasi dan lansia sesuai ritual Manusuk Sima di HUT ke-1.142 Kota Kediri.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News