Beragam Bansos di Banyuwangi, dari PKH Sampai BST

Rabu, 21 Juli 2021 – 23:48 WIB
Beragam Bansos di Banyuwangi, dari PKH Sampai BST - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Warga Banyuwangi bakal mendapatkan sejumlah bansos, salah satunya beras. ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto.

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi, Jawa Timur Ipuk Fiestiandani mengecek persiapan pendistribusian Bantuan Sosial Tunai (BST) Kementerian Sosial (Kemensos) di Kantor Pos Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (21/7).

"Insyaallah, bansos itu cair dalam waktu dekat. Tadi kami cek persiapannya, termasuk agar distribusinya efektif segera diterima masyarakat," kata Bupati Ipuk.

Dia mengatakan sebanyak 45.633 keluarga penerima manfaat (KPM) di Banyuwangi yang akan menerima BST masing-masing sebesar Rp 600 ribu sebagai akumulasi Mei dan Juni.

"Semoga bisa membantu. Saling menopang dengan bansos lainnya, baik dari pemerintah pusat, provinsi, maupun kabupaten," ujar dia.

Selain BST, Ipuk menerangkan ada skema bansos lainnya, yaitu bantuan beras, Program Keluarga Harapan (PKH) dengan sasaran 62.000 KPM lebih, dan BLT Dana Desa.

"Untuk BLT Dana Desa menyasar 21.000 KPM lebih dengan besaran Rp 300 ribu," tutur dia.

Pemkab Banyuwangi pun mengawal pencairan Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) untuk 54.213 usaha mikro yang masing-masing menerima Rp 1,2 juta.

Adapun bantuan dari APBD Kabupaten Banyuwangi, berupa uang tunai Rp 300 ribu per pelaku usaha kecil seperti PKL yang sasarannya ditaksir mencapai ribuan.

Sumber Antara