Sehari Urus 15 Jenazah Pasien COVID-19, RSUD Soetomo Surabaya Buka Lowongan Berikut

Jumat, 02 Juli 2021 – 13:55 WIB
Sehari Urus 15 Jenazah Pasien COVID-19, RSUD Soetomo Surabaya Buka Lowongan Berikut - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - RSUD dr Soetomo Surabaya membuka lowongan pemulasara jenazah pasien COVID-19 dan transporter. Foto: dok JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Jelang pemberlakuan PPKM darurat pada 3 Juli nanti, RSUD dr. Soetomo Surabaya membuka rekrutmen untuk sukarelawan transporter dan pemulasara jenazah sebanyak 15 orang.

Kepala PKRS dan Humas RSUD dr Soetomo Surabaya dr. Pesta Parulian menjelaskan dengan meningkatnya kasus positif COVID-19, pasien yang datang di IGD sudah dalam kondisi kritis, maka lonjakan kematian tak terhindarkan.

"Perekrutan pemulasara jenazah dan transporter itu merupakan upaya kami memberikan pelayanan bagi pasien COVID-19 yang meninggal," kata Pesta, Kamis (1/7).

Persyaratan untuk lowongan itu di antaranya laki-laki, sehat jasmani dan rohani, usia maksimal 35 tahun, serta pendidikan setidaknya SMA sederajat.

"Para calon sukarelawan nantinya diberikan pelatihan dasar pemulasaraan dan transporter jenazah penyakit menular. Sehingga aman bagi yang bersangkutan serta orang di sekitarnya," ujar dia.

Pesta menerangkan rumah sakitnya tidak hanya melayani pemulasaraan jenazah pasien COVID-19 dari RSUD Soetomo saja, melainkan kiriman pula dari dinas sosial serta puskesmas di Surabaya dan sekitarnya.

Dia mencatat dari Januari hingga 28 Juni lalu, pihaknya telah menerima 93 jenazah rujukan. "Terbanyak pada minggu-minggu terakhir Juni 2021, rata-rata lima jenazah per hari," tutur Pesta.

Pada pekan pekan-pekan terakhir bulan Juni 2021, RSUD dr Soetomo mengalami peningkatan pemulasaraan dengan rata-rata 15-20 jenazah per hari.

RSUD dr. Soetomo Surabaya membuka rekrutmen untuk sukarelawan transporter dan pemulasara jenazah sebanyak 15 orang.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News