RSU dr Soetomo Dapat Ancaman dari 15 Ribu Peretas

Rabu, 10 Juli 2024 – 21:00 WIB
RSU dr Soetomo Dapat Ancaman dari 15 Ribu Peretas - JPNN.com Jatim
Webinar Hybrid Cyber Crime di ruang Loka Widya Husada RSU dr Soetomo. Foto: source JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jatim mencatat sepanjang tahun 2024, domain milik RSU dr Soetomo mendapatkan ancaman 15 ribu lebih peretas.

Dari 38 domain yang dimiliki, ada lima dominan yang paling sering mendapatkan ancaman peretas.

“Itu yang berusaha masuk mengganggu, tetapi sudah berhasil ditangani,” kata Kadiskominfo Jatim Sherlita Ratna Dewi saat menjadi pembicara dalam webinar di RSU dr Soetomo, Selasa (9/7).

Dia menjelaskan rata-rata ribuan peretas itu berasal dari Singapura, lalu ada dari Amerika, Bulgaria, United Kingdom, dan Finlandia.

Sherlita menyebut agar domain atau website lebih aman, lebih baik instansi di bawah Pemprov Jatim mendaftar menggunakan domain Jatimprov.go.id.

“Kalau dia mendaftarkan menjadi aplikasi atau website pemprov menggunakan domain Jatimprov.go.id, dia punya dua keuntungan, satu resmi sebagai aplikasi website-nya Pemprov Jatim, kedua mendapatkan bantuan monitoring dan pengawasan dari Kominfo,” ujar Sherlita.

Sementara itu, Direktur RSU dr Soetomo Prof Cita Rosita Sigit Prakoeswa dr SpKK (K) mengatakan ada ribuan data pasien masuk di rumah sakitnya. Data itu menjadi sasaran empuk peretas.

“Kami harus berhati-hati karena faktanya di mana-mana terjadi kebocoran data. Rumah sakit menjadi sasaran empuk karena ribuan pasien ada di sini. Kami dengan 1.300 tempat tidur dan puluhan pasien ada di poli klinis. Ya, jangan sampai terjadi (peretasan),” ucap Cita.

Dapat ancaman 15 ribu peretas, RSUD dr Soetomo pastikan tidak ada kebocoran data pasien
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News