Awal Terungkapnya Tiga Kasus Varian Corona Baru India di Jawa Timur

Selasa, 15 Juni 2021 – 09:39 WIB
Awal Terungkapnya Tiga Kasus Varian Corona Baru India di Jawa Timur - JPNN.com Jatim
Tiga pasien varian baru corona strain India rupanya pengendara yang terjaring skrining di Jembatan Suramadu. Grafis: Rahayuning Putri Utami/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Jatim dr Makhyan Jibril mengungkapkan asal tiga sampel yang hasilnya menunjukkan mutasi B16172 (Delta) atau strain India.

Ketiga sampel itu rupanya milik pengendara yang sebelumnya terjaring di penyekatan Jembatan Suramadu, Surabaya, Jawa Timur.

Mereka terkonfirmasi positif COVID-19 setelah menjalani tes dengan gejala ringan hingga sedang.

"Mereka terjaring di Suramadu. Dua domisili di Bangkalan, satu Bojonegoro," kata Jibril, Senin (14/6).

Dua pasien asal Bangkalan tersebut tengah menjalani perawatan di Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya. Adapun, seorang lainnya dirujuk ke RS Bojonegoro.

"Ketiganya dirawat di ruang terpisah dengan pasien lainnya untuk mengantisipasi penularan," ujar dia.

Jibril mengatakan bahwa dua pasien yang terpapar varian asal India itu mengalami gejala ringan, sedangkan dari Bojonegoro kondisinya sedang.

Temuan itu diketahui sebelumnya dari hasil uji genome sequencing Institute Tropical Disease (ITD) Unair terhadap 24 sampel pasien COVID-19 dengan CT value kurang dari 25.

Ketiga pasien COVID-19 yang terpapar varian baru corona mutasi mutasi B16172 (Delta) atau strain India diketahui dari hasil skrining di Jembatan Suramadu.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News