Sembari Berkemah, Pemkab Banyuwangi Layani Administrasi Kependudukan Warga Perkebunan

Minggu, 23 Mei 2021 – 08:24 WIB
Sembari Berkemah, Pemkab Banyuwangi Layani Administrasi Kependudukan Warga Perkebunan - JPNN.com Jatim
Lewat program 'Camping Embun', Pemkab Banyuwangi rela berkemah untuk melayani administrasi kependudukan (adminduk) warga perkebunan. Foto: Antara

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi tidak habis akal memberikan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) khusus bagi warganya di kawasan perkebunan.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani dan stafnya menggagas program 'Camping Embun'.

Ipuk awalnya menyadari masyarakat di kawasan perkebunan secara geografis cukup jauh dari pusat desa maupun kecamatan. Sehingga seringkali abai dari kewajiban mereka dalam pelaksanaan adminduk.

"Perjalanan dari tempat tinggal warga perkebunan hingga kantor desanya sekitar satu jam. Mereka juga tidak semuanya memiliki smartphone untuk mengakses layanan daring," kata dia, Jumat (21/5).

Camping Embun pun dilaksanakan sebagai upaya jemput bola berupa pelayanan publik dengan berkemah untuk masyarakat yang tinggal di kawasan perkebunan.

"Kami sebut camping karena selama dua hari petugas bersiaga di tengah permukiman warga perkebunan sampai dini hari dan berlanjut pada esoknya," ujar istri dari mantan Bupati Banyuwangi, Azwar Anas itu.

Masyarakat perkebunan bisa menikmati berbagai layanan penerbitan dokumen tanpa dipungut biaya, mulai dari perubahan kartu keluarga (KK), kartu identitas anak, KTP-el, dan akta kelahiran/ kematian.

Camping Embun dilengkapi pula layanan pendidikan, kesehatan, pemeriksaan hewan ternak, hingga vaksinasi Covid-19 untuk warga lansia.

Lewat program 'Camping Embun', Pemkab Banyuwangi rela berkemah untuk melayani administrasi kependudukan (adminduk) warga perkebunan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News