Senin Malam Terjadi Penggeledahan di Lapas Sidoarjo, Ini yang Didapat Petugas

Rabu, 16 Februari 2022 – 17:36 WIB
Senin Malam Terjadi Penggeledahan di Lapas Sidoarjo, Ini yang Didapat Petugas - JPNN.com Jatim
Petugas saat menggeledah kamar blok hunian warga binaan di Lapas IIA Sidoarjo. Foto: Humas Kemenkumham Jatim

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - Blok hunian Lapas II A Sidoarjo digeledah pada Selasa (15/2) malam. Penggeledahan itu merupakan kegiatan rutin dua kali dalam sepekan untuk mengantisipasi gangguan keamanan dan ketertiban di dalam rutan.

Penggeledahan dipimpin langsung Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas Sidoarjo Prayogo Mubarak. Sebanyak 20 petugas diperintahkan menggeledah Blok B.

“Beberapa lapas memang melakukan penggeledahan kamar hunian, termasuk lembaga pemasyarakatan Sidoarjo,” ujar Plt. Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Wisnu Nugroho Dewanto, Rabu (16/2).

Wisnu menyebut tujuan utama penggeledahan itu guna mengetahui ada atau tidaknya potensi gangguan kamtib. Selain itu, pihaknya juga mengecek kondisi kamar hunian para warga binaan.

“Hal itu untuk memastikan tidak ada perusakan dinding kamar maupun bagian lainnya,” kata dia.

Lapas berisi 1.025 warga binaan itu juga disebut tinggi dari risiko keamanan dan ketertibannya. Namun, razia kali ini tak ditemukan barang-barang yang menonjol.

“Petugas menyita alat-alat yang terbuat dari besi, seperti sendok dan gunting,” ujarnya.

Prayogo menjelaskan beberapa warga binaan yang membuat benda tajam itu dari sikat gigi yang diruncingkan. Barang-barang seperti itu berpotensi membuat masalah saat terjadi keributan.

Petugas melakukan penggeledahan di dalam kamar hunian Lapas Sidoarjo malam hari, ini yang didapat.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News