Mahasiswa UK Petra Surabaya Kembangkan Teknologi Urban Farming, Bisa Dikontrol dari Jauh 

Jumat, 21 Januari 2022 – 10:19 WIB
Mahasiswa UK Petra Surabaya Kembangkan Teknologi Urban Farming, Bisa Dikontrol dari Jauh  - JPNN.com Jatim
Mahasiswa UK Petra Sih Kawuryan Yulianes Kufa (Yeka) menunjukkan aplikasi urban farming rancangan kelompoknya. (Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dua mahasiswa program studi (prodi) Teknik Elektro UK Petra Surabaya, Sih Kawuryan Yulianes Kufa dan Gregorio Diovani Wahanie membuat teknologi urban farming berbasis Internet of Things (IoT).

Teknologi tersebut didedikasikan untuk kelompok tani di Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) Wanita Serpis yang ada di Jalan Jemursari, Surabaya. 

Sih Kawuryan Yulianes Kufa atau yang akrab dipanggil Yeka menjelaskan latar belakang pembuatan teknologi itu bertujuan untuk memudahkan para petani mengawasi tanamanya agar tidak mati. 

“Lahan yang kami garap seluas 27 x 10 meter yang di dalamnya terdapat media bercocok tanam organik 6 x 4 meter,” ujarnya, Kamis (20/1).

Di sana juga terdapat dua bangunan greenhouse untuk media tanam hidroponik dengan masing-masing luasannya 5,6 x 8 meter dan 4 x 8 meter.

Yeka memerinci dirinya bersama tim mahasiswa UK Petra membuat lima rancang bangun sistem dan website. 

“Pertama, sistem PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya). Kedua, sistem penyiraman tanaman media tanah otomatis,” jelasnya. 

Kemudian, ada juga sistem pengabutan serta pendeteksi kadar air pada bak hidroponik untuk dua ruang green house dan sebuah aplikasi “SERPIS” berbasis Android sebagai dashboard kontrol dan monitor sistem.

Mahasiswa prodi Teknik Elektro UK Petra Surabaya membuat teknologi urban farming berbasis Internet of Things (IoT).
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News