Intip Keseruan Pameran Busana Mahasiswi UK Petra, Minimalkan Limbah Kain

Jumat, 17 Desember 2021 – 01:18 WIB
Intip Keseruan Pameran Busana Mahasiswi UK Petra, Minimalkan Limbah Kain - JPNN.com Jatim
Mahasiswi semester 5 UK Petra, jurusan Fashion Designer dan Tekstil, Brigitta Halim (kanan) saat bersama model yang memakai baju buatanya. (Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Empat model berjalan lemah gemulai mengenakan pakaian hasil karya mahasiswi-mahasiswi Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya dalam acara Innofashion Fair, Kamis (16/12).

Innofashion Fair yang digelar pada 16-18 Desember 2021 itu mengangkat tema “Zero Waste”. Dengan begitu, pakaian yang dihasilkan tidak menimbulkan limbah kain.

Mahasiswi semester lima UK Petra jurusan Desain Fashion dan Tekstil (DFT), Brigitta Halim pun turut menjadi salah satu desainer yang ikut serta dalam meramaikan pameran busana tersebut.

Brigitta mengungkapkan dirinya membuat kimono outer. Pembuatannya menggunakan teknik pola persegi panjang. Walhasil, dia bisa meminimalisasi atau bahkan meniadakan limbah kain yang terbuang.

“Bentuknya masih kotak, bukan potongan yang tinggal pinggir-pinggir. Jadi, meskipun ada kain yang tersisa, bisa dipakai lagi untuk project selanjutnya," ujarnya.

Brigitta mengatakan outer kimono buatannya menggunakan pola creative fabric, yoyo, ruffle, dan perpaduan warna lalu dijadikan dalam satu kesatuan.

Dia mengakui untuk tingkat kesulitan pembuatannya, lumayan dan memang harus telaten. Pasalnya, outer yang dia buat memiliki pola garis-garis lurus.

"Pola garis-garis di depan harus disetrika satu per satu kemudian dijahit. Itu membutuhkan waktu cukup lama. Pengerjaannya sekitar dua minggu," ungkapnya.

UK Petra Surabaya mengadakan pameran busana bertajuk Zero Waste.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News