Muncul Huntara Penyintas Erupsi Gunung Semeru di Luar Lokasi yang Telah Ditentukan

Minggu, 16 Januari 2022 – 20:56 WIB
Muncul Huntara Penyintas Erupsi Gunung Semeru di Luar Lokasi yang Telah Ditentukan - JPNN.com Jatim
Pembangunan huntara lain di lokasi bencana erupsi Gunung Semeru. (16/1). Foto: Ridho Abdullah/jpnn.com

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Hunian sementara (huntara) bagi penyintas erupsi Gunung Semeru yang dibangun oleh pemerintah hingga kini belum selesai. Akibatnya, huntara alternatif bermunculan dan dibangun beberapa pihak lain.

Salah satunya huntara di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang yang dibangun oleh Wakil Ketua II DPRD Lumajang Oktafiyani. 

Puluhan unit huntara dibangun atas swadaya legislator tersebut.

"Itu bukan untuk menyaingi Pemkab Lumajang, tetapi kami merespons keluhan korban yang sudah jenuh di lokasi pengungsian," katanya, Minggu, (16/1).

Dia memaparkan huntara yang dibangun di lahan pribadinya itu menjadi alternatif sementara para penyintas erupsi Gunung Semeru selama menunggu penyelesaian hunian sementara di tempat relokasi. 

Pasalnya, huntara yang dibangun di tempat relokasi rupanya baru bisa ditempati warga pada Mei mendatang, atau tepatnya saat Hari Raya Idul Fitri nanti.

Oktafiyani pun menegaskan pihaknya hanya memenuhi permintaan beberapa warga yang menginginkan tempat tinggal selain di lokasi pengungsian.

Sebagian besar korban terdampak menginginkan tempat privasi yang dapat digunakan untuk beraktivitas bersama keluarga mereka.

Hunian sementara (huntara) lain bermunculan selain di lokasi yang ditentukan Pemkab Lumajang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News