Cegah Omicron Menyebar, Dinkes Jatim Minta Pengelola Tempat Umum Maksimalkan Hal Ini

Senin, 03 Januari 2022 – 22:26 WIB
Cegah Omicron Menyebar, Dinkes Jatim Minta Pengelola Tempat Umum Maksimalkan Hal Ini - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Jarum suntik medis dan botol terlihat di depan teks Omicron (B.1.1.529): SARS-CoV-2 di latar belakang. Foto:Pavlo Gonchar/SOPA Images via Reuters/Antara

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kemunculan covid-19 varian Omicron di Jatim dikhawatirkan akan menyebar luas. Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Timur pun meminta pengelola tempat umum, seperti kafe, hotel, dan mal, berdisiplin dalam penerapan aplikasi PeduliLindungi.

Kepala Dinkes Jatim, dr Erwin Astha Triyonno mengatakan aplikasi tersebut merupakan satu-satunya sarana yang bisa diandalkan untuk menelusuri mobilitas warga.

“Mohon pemilik kafe, hotel, dan mal memastikan PeduliLindungi diterapkan dengan sebaik-baiknya karena itu adalah satu-satunya alat untuk mengoptimalkan tracing,” kata dr Erwin, Senin (3/1).

Dia menegaskan semua tempat umum yang biasa dikunjungi masyarakat harus wajib menggunakannya. 

Menurutnya, aplikasi PeduliLindungi harus dimaksimalkan penggunanya karena tidak mungkin mengandalkan ingatan manusia.

Dia mengumpamakan kerja sama tim yang ada dalam aplikasi itu. Di dalamnya, setiap perjalanan seseorang akan tercatat sehingga membantu dinkes, pemerintah, dan TNI-Polri dalam menangani pandemi covid-19.

“Aplikasi itu harus dimaksimalkan karena sangat bagus untuk melakukan tracing,” tuturnya.

Menurut dr Erwin, hasil tracing bukanlah aib, melainkan cara kerja sistem supaya mengetahui secara dini siapa saja yang terkonfirmasi covid-19.

Dinkes Jatim meminta tempat umum, seperti kafe, hotel, dan mal memaksimalkan aplikasi PeduliLindungi untuk mencegah Omicron menyebar
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News