Kronologis Varian Omicron Masuk ke Wilayah Jatim, Begini Lengkapnya

Senin, 03 Januari 2022 – 14:32 WIB
Kronologis Varian Omicron Masuk ke Wilayah Jatim, Begini Lengkapnya - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Waspada COVID-19 varian baru Omicron. Foto: Ricardo/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur, Dr Erwin Astha Triyonno membeberkan temuan kasus pertama Covid-19 varian Omicron di Jatim pada Minggu (2/1).

Kasus itu awalnya terdeteksi dari warga Surabaya berinisial TYC yang baru saja berlibur ke salah satu tempat wisata di Indonesia selama lima hari bersama suaminya, SJJ menggunakan kendaraan pribadi.

“Dinkes Jatim telah mendeteksi seorang pasien terkonfirmasi Omicron berdasarkan hasil pemeriksaan whole genome sequencing (WGS) yang keluar pada 2 Januari 2022,” kata Dr Erwin tertulis, Senin (3/1).

TYC berlibur mulai Senin (20/12) ke tempat wisata di Bali selalu patuh menggunakan aplikasi PeduliLindungi. 

Namun, sepulang dari perjalanan wisatanya pada Sabtu (25/12), dia mengalami sakit tenggorokan dengan gejala seperti merasakan ada lendir.

Kemudian, Selasa (28/12), TYC memeriksakan diri ke rumah sakit dan disarankan untuk swab RT-PCR. Hari itu juga hasilnya keluar yang menunjukkan bahwa dirinya positif covid-19 dengan CT Value 26.

Setelah itu, suaminya, SJJ langsung melakukan pemeriksaan juga, tetapi hasilnya negatif.

Selanjutnya pada Kamis (30/12), hasil S-gene Target Failure (SGTF) TYC positif varian Delta Plus dan probable varian Omicron.

Dinkes Jatim membeberkan kronologis varian Omicron masuk ke wilayah Jatim. Virus tersebut terdeteksi setelah salah satu warga Surabaya kembali berlibur selama lima hari di Bali
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News