Ratusan Personel Diterjunkan Percepat Pemulihan Listrik di Semeru

Senin, 06 Desember 2021 – 23:33 WIB
Ratusan Personel Diterjunkan Percepat Pemulihan Listrik di Semeru - JPNN.com Jatim
Tiang listrik terdampak erupsi Gunung Semeru. Foto: Ridho Abdullah/JPNN.com

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Sebanyak 124 personel diterjunkan PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jatim untuk mempercepat pemulihan listrik kawasan terdampak erupsi Gunung Semeru di Lumajang.

General Manajer PLN UID Jatim, Adi Priyanto mengatakan selain melakukan pemulihan, personel itu mengecek zona yang aman yang bisa dilewati petugas dalam upaya pengecekan instalasi dan penormalan.

"Kami membaginya dalam dua tim, yaitu tim siaga sebanyak 53 orang dan tim pelaksana 71 orang. Kami telah berkoordinasi dengan BPBD setempat dengan mengutamakan keselamatan warga," kata Adi, Senin (6/12).

Pihaknya sudah mengumpulkan genset portabel berkapasitas 2,2 sampai empat kilo watt sebanyak delapan unit dan kapasitas 23 kilo watt satu unit dari ULP dan UP3 terdekat.

"Kami langsung melakukan langkah pengamanan untuk memastikan zona aman. Kemudian, menyediakan genset di posko untuk tetap ada aliran komunikasi dan penerangan bagi warga," ujar dia.

Dalam upaya pemulihan kelistrikan pascabencana erupsi Gunung Semeru, pihaknya mendapat tantangan cukup berat, seperti terkena hujan abu vulkanik. Sehingga, petugas tak diizinkan untuk masuk.

Oleh karena itu, PLN memastikan akan mengambil langkah alternatif bagi desa terdampak yang masih padam dengan membangun jaringan listrik baru.

Rencananya, Senin (6/12) ini, tim PLN akan menyalakan 69 trafo dari total 79 yang masih padam.

Ratusan personel diterjunkan untuk penormalan listrik yang padam di Semeru