Sri Untari, Politisi PDIP yang Juga Penggiat Budaya dan Hobi Baca Tulisan Sanskerta

Senin, 18 Oktober 2021 – 14:29 WIB
Sri Untari, Politisi PDIP yang Juga Penggiat Budaya dan Hobi Baca Tulisan Sanskerta - JPNN.com Jatim
Politisi PDIP Sri Untari (kiri) saat meninjau Situs Kumitir di Mojokerto yang disebut-sebut menjadi petunjuk Kota Raja Majapahit. Foto: dokpri Sri Untari

jatim.jpnn.com, JAWA TIMUR - Politikus PDI Perjuangan Sri Untari rupanya memiliki hobi dan kegiatan yang tak biasa di luar kesibukannya mengurus partai maupun sebagai anggota Komisi E DPRD Jatim.

Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur tersebut rupanya merupakan penggiat budaya dan doyan membaca tulisan-tulisan Sanskerta.

"Saya penggiat budaya dimulai peradaban klasik di Jawa Timur, baik secara spiritualnya, bersifat kebendaan, hingga tak benda seperti tari, lagu, seni, maupun tembang," kata Sri Untari, Senin (18/10).

Maka dari itu, dia kerap berkumpul dengan para budayawan, seniman, sejarawan, dan arkeolog.

"Saya banyak terlibat dan mendorong ekskavasi (penggalian) sejumlah situs peninggalan di Jatim," ujar dia.

Dia menyebutkan, di antaranya, penemuan Situs Sumberbeji, petirtaan megah peninggalan Majapahit di Jombang. Lalu, Kumitir di Kabupaten Mojokerto yang digadang-gadang menjadi petunjuk Kota Raja Majapahit.

"Saya ikut merawat punden-punden. Di mana pun berada, saya hormati karena mereka leluhur-leluhur kita," tutur wanita yang juga Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin) itu.

Dia mengutarakan dari candi dan situs tersebut, masyarakat dapat menyadari betapa hebatnya para nenek moyang Indonesia pada saat itu.

Politisi PDIP Sri Untari ternyata punya sisi lain yang banyak orang tidak tahu di luar kegiatannya berpolitik. Simak!