Pemerintah Klaim Sukses Turunkan Angka Kemiskinan Tahun.....

Selasa, 20 Juli 2021 – 09:00 WIB
Pemerintah Klaim Sukses Turunkan Angka Kemiskinan Tahun..... - JPNN.com Jatim
Menko PMK Muhadjir Effendy mengunjungi Hotel University Club UGM yang dijadikan selter pasien COVID-19 di Yogyakarta, Jumat (16/7/2021). ANTARA/Luqman Hakim

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengklaim pemerintah berhasil menurunkan angka kemiskinan sebesar 9,22 persen pada September 2019.

Namun, akibat pandemi Covid-19, persentase angka kemiskinan saat ini naik di atas 10 persen tahun lalu.

"Covid-19 ini memiliki pengaruh terhadap kenaikan kemiskinan. Namun, pemerintah juga telah menyediakan berbagai program jaring pengaman sosial dalam melindungi masyarakat agar tidak menjadi miskin," ujar Muhadjir, Senin (19/7).

Menurut Muhadjir, berbagai program selama pandemi Covid-19 yang telah disediakan pemerintah juga perlu dievaluasi, khususnya soal target menurunkan kemiskinan.

Sejumlah program yang perlu dievaluasi ialah sasaran Keluarga Penerima Manfaat (KPM), jadwal penyaluran, termasuk distribusi di daerahnya agar tidak hanya menyasar masyarakat terdampak Covid-19 tetapi juga yang menjadi target survei oleh BPS.

Seperti diketahui, BPS akan kembali melakukan penghitungan kemiskinan pada September 2021.

Dengan memperhatikan beberapa variabel yang menjadi pertanyaan dalam survei tersebut, diharapkan angka kemiskinan pada periode mendatang dapat berkurang signifikan.

"Berbagai program pemerintah yang tersebar di kementerian dan penganggaran oleh APBD agar dapat dioptimalkan sekaligus disinergikan sehingga memiliki daya ungkit yang besar dalam penurunan angka kemiskinan," kata mantan mendikbud ini. (mcr6/antara/jpnn)

Menko PMK Muhadjir Effendy mengklaim pemerintah berhasil menurunkan angka kemiskinan sebesar 9,22 persen, tahun berapa pak?

Redaktur & Reporter : Angga Setiawan

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News