Tri Rismaharini Arahkan Jajaran Kemensos Perluas Cakupan Dapur Umum

Kamis, 15 Juli 2021 – 22:38 WIB
Tri Rismaharini Arahkan Jajaran Kemensos Perluas Cakupan Dapur Umum - JPNN.com Jatim
Menteri Sosial Tri Rismaharini melakukan pemantauan bantuan pemenuhan nutrisi di dapur umum Kementerian Sosial di Jakarta, Senin (12/7/2021). (ANTARA/HO-Kemensos)

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini mengarahkan jajarannya untuk memperluas jaringan dapur umum guna membantu konsumsi masyarakat yang membutuhkan selama PPKM darurat.

Hal itu disampaikan di Jakarta, Kamis, lantaran semakin meningkatnya permintaan bantuan permakanan dari berbagai daerah.

“Ini tergantung penilaian akhir nanti, apakah daerah itu sudah sangat membutuhkan sekali untuk menyiapkan makanan siap saji,” kata Direktur Jendral Rehabilitasi Sosial Harry Hikmat, Kamis (15/7).

Harry mengatakan Kemensos telah menyiapkan tujuh tempat aktivasi dapur umum berbasis Unit Pelayanan Teknis (UPT), yakni Halaman Gedung Konvensi Taman Makam Pahlawan Nasional Utama (TMPNU) Kalibata, di halaman Convention Hall Surabaya, Balai Besar Prof. DR. Soeharso Solo, Balai Wyata Guna Bandung, Balai Ciung Wanara Bogor, Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional III Yogyakarta, Balai Mahatmiya Tabanan Bali, dan di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Klaten.

Kantor Kemensos di Jalan Salemba diproyeksikan untuk penyaluran telur matang ke masyarakat kurang mampu di DKI Jakarta.

Adapun tiga dapur umum yang menyajikan makanan siap saji dan telur matang, yakni TMPNU Kalibata, dapur umum di Surabaya, dan Balai Wyata Guna Bandung.

Terakhir, dapur umum di Balai Prof. DR. Soeharso Surakarta, di BBPPKS Yogyakarta, di Balai Ciung Wanara Bogor, dan di Dinsos Kabupaten Klaten difungsikan menyalurkan telur matang.

Makanan siap saji disalurkan untuk mencukupi kebutuhan permakanan bagi tenaga kesehatan, petugas penjaga penyekatan PPKM baik TNI, Polri, dan Satpol PP di sekitar DKI dan wilayah penyangga Ibukota DKI Jakarta, dan di wilayah tugas masing-masing UPT di atas.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengarahkan jajarannya untuk memperluas jaringan dapur umum guna membantu konsumsi masyarakat yang selama PPKM darurat.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News