Daftar 12 Gerbang Tol di Jawa Timur yang Ditutup selama PPKM Darurat

Kamis, 15 Juli 2021 – 22:40 WIB
Daftar 12 Gerbang Tol di Jawa Timur yang Ditutup selama PPKM Darurat - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - GT Singosari, Malang, Jatim. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Jasa Marga memperluas penyekatan di tol wilayah Jawa Timur, dari awalnya 10 menjadi 12 gerbang tol untuk mendukung pembatasan mobilitas masyarakat selama PPKM darurat.

"Kami berkoordinasi pihak Kepolisian dan TNI untuk mendukung pelaksanaan pembatasan tersebut, dengan melakukan pengaturan lalu-lintas di beberapa titik lokasi di jalan tol Jasa Marga Group," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru, Kamis (15/7).

Heru menyebut sebanyak 12 gerbang tol yang ditutup selama PPKM darurat masing-masing di Ngawi, Nganjuk, Penompo, Exit Sidoarjo 1, Pandaan, Bangil, Rembang, Exit Purwodadi, Exit Lawang, Exit Singosari, Exit Pakis, dan Exit Malang.

"Kami di lokasi penyekatan melakukan tindakan secara situasional, sesuai dengan diskresi kepolisian sehingga dapat terjadi implementasi yang dinamis di lapangan," kata Heru.

Sejumlah aturan diterapkan selama pemberlakukan mekanisme penyekatan, yakni pemeriksaan protokol kesehatan, seperti menggunakan masker serta kapasitas kendaraan yang hanya memuat 50 persen penumpang.

Selanjutnya memeriksa dokumen persyaratan perjalanan, seperti sertifikat vaksin, surat tes Covid-19 negatif, serta surat tugas/surat tanda registrasi pekerja (STRP).

"Selain itu, kami lakukan juga pemeriksaan terhadap perjalanan pengguna jalan, beberapa kriteria kendaraan yang diperbolehkan melintas selama masa PPKM berlangsung yaitu angkutan logistik, sektor esensial, sektor kritikal, TNI, nakesm dan kendaraan darurat," katanya.

Heru menegaskan selain jenis-jenis kendaraan itu, apabila tidak memenuhi persyaratan akan diputar arahkan oleh petugas kepolisian dan TNI kembali ke daerah asal.

Jasa Marga memperluas penyekatan di 12 gerbang tol wilayah Jawa Timur untuk mendukung pembatasan mobilitas masyarakat selama PPKM darurat
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News