Pengamat Ungkap 2 Program Bacawali Gumelar Linier dengan Kondisi Kota Batu

Jumat, 20 September 2024 – 13:07 WIB
Pengamat Ungkap 2 Program Bacawali Gumelar Linier dengan Kondisi Kota Batu  - JPNN.com Jatim
Bakal calon wali kota Batu Firhando Gumelar berencana menggratiskan pendidikan hingga 12 tahun bagi warganya jika terpilih. Foto: source JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Bakal calon wali kota (Bacawali) Batu Firhando Gumelar mencanangkan program wajib belajar 12 tahun menjadi salah satu visi dan misinya untuk membangun Kota Apel pada periode 2024-2029.

Selain itu, Gumelar juga bakal memberikan pembiayaan pendidikan bagi warga Kota Batu dengan program satu KK satu Sarjana.

Program itu dinilai sangat linier dan selaras oleh Pengamat Pendidikan dari Universitas Negeri Malang (UM), Drs I Wayan Dasna MSi MEd PhD.

Menurutnya, kedua program yang diusung itu melihat data Badan Pusat Statistik (BPS) yang menyebutkan rata-rata lama sekolah (RLS) Kota Batu di angka 9,85 tahun.

"Dengan data BPS itu, berarti kan yang dari SMP banyak yang tidak melanjutkan ke jenjang berikutnya,” kata Wayan, Kamis (19/8).

Maka dari itu, untuk mewujudkan 1 KK 1 sarjana, Gumelar harus menyelesaikan permasalahan wajib belajar 12 tahun.

“Harus dicari penyebabnya itu apa, apakah masalah keluarga, ataukah kekurangan sekolah, atau kekurangan biaya. Dugaan saya sebagian besar itu masalah biaya. Solusinya adalah bisa memberikan pendidikan gratis sampai SMA dan itu benar untuk program sekolah gratis hingga SMA," katanya.

Wayan mengatakan program sekolah gratis hingga SMA itu harus bisa disupport penuh oleh Pemkot Batu ketika Gumelar terpilih.

Bacawali Batu Gumelar canangkan program wajib belajar 12 tahun dan 1 KK 1 sarjana dinilai linier dengan kondisi Kota Apel
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News