Bacawali Batu Gumelar Canangkan Wajib Belajar 12 Tahun Secara Gratis, Jika Terpilih

Rabu, 18 September 2024 – 20:40 WIB
Bacawali Batu Gumelar Canangkan Wajib Belajar 12 Tahun Secara Gratis, Jika Terpilih - JPNN.com Jatim
Bakal calon wali kota Batu Firhando Gumelar berencana menggratiskan pendidikan hingga 12 tahun bagi warganya jika terpilih. Foto: source JPNN

jatim.jpnn.com, BATU - Bakal calon wali kota Batu Firhando Gumelar berencana menggratiskan pendidikan hingga 12 tahun bagi warganya, jika terpilih.

Rencana itu masuk dalam visi dan misinya sebagai bacawali Batu. Dia mengatakan ketika menjadi sebagai wali kota, Pemkot bisa melakukan intervensi untuk pendidikan gratis bagi warga Batu hingga jenjang SMA/SMK negeri.

Gumelar mengatakan alasan memilih program tersebut karena berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2023, rata-rata lama sekolah (RLS) di Kota Batu berada di angka 9,85 tahun.

Maka dari itu, dia ingin terus meningkatkan angka tersebut hingga mendekati 12 tahun (lama belajar).

“Negara harus hadir terus. Program-program yang sudah dilakukan oleh pemimpin pendahulu kami, terus harus ditingkatkan, termasuk program yang sudah dicanangkan Pak PJ Wali Kota hari ini di bidang pendidikan, harus kami teruskan dan kita tingkatkan," kata Gumelar, Rabu (18/9).

Meski begitu, dia memahami, jika kewenangan SMA/SMK ini berada di wilayah Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Maka dari itu, dia bakal berkoordinasi dan berkomunikasi secara intens dengan pemerintah provinsi.

Menurutnya, pendidikan gratis Wajib Belajar 12 tahun ini akan menjadi pijakan utama dalam menyukseskan program 1 Kartu Keluarga (KK) 1 sarjana.

Selesai SMA, siswa yang berprestasi dalam segala bidang bisa mendapatkan kesempatan untuk kembali mengenyam pendidikan secara gratis lagi. Sebab akan ada beasiswa dari Pemkot Batu untuk mereka.

Gumelar ingin tingkatkan SDM Kota Batu lewat wajib belajar 12 tahun secara gratis
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News