Bawaslu Surabaya Ingatkan ASN Netral Jelang Kampanye Pilkada 2024

Rabu, 18 September 2024 – 18:00 WIB
Bawaslu Surabaya Ingatkan ASN Netral Jelang Kampanye Pilkada 2024 - JPNN.com Jatim
Logo Bawaslu. ANTARA/HO-Bawaslu

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Surabaya mengingatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) menjaga netralitas menjelang masa kampanye Pilkada 2024 pada 25 September-23 November mendatang.

Koordinator Divisi (Kordiv) Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat Bawaslu Surabaya Syafiudin mengatakan salah satu kerawanan di Pilkada Surabaya adalah netralitas ASN.

"Pilwali ini tunggal, ya, tentu kami bicara tentang (paslon) tunggal dan incumbent (petahana). Netralitas seluruh pihak di Surabaya harus kami imbau sedini mungkin," ujar Syafiudin, Rabu (18/9).

Untuk mengingatkan hal itu, Bawaslu akan melakukan sosialisasi kepada ASN dan pegawai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk memastikan netral di Pilkada.

"Akan ada acara netralitas ASN, BUMD, kami undang untuk menyampaikan, kalau tidak netral ada potensi yang menegur mereka. Sudah kami sampaikan imbauan untuk menahan diri semuanya," katanya.

Selain itu, menyatakan tidak boleh ada pemanfaatan fasilitas negara untuk kampanye baik oleh ASN maupun paslon tunggal.

"Kami sudah sampaikan agar mereka tidak menggunakan fasilitas negara ke wali kota, dan semua yang berkaitan. Kami bersurat 10 September," tuturnya.

Pengawas Kelurahan atau Desa (PKD) lanjutnya akan siap mengawasi potensi pelanggaran itu.

Bawaslu Surabaya mengingatkan kepada ASN netral menjelang masa kampanye Pilkada 2024.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News