Jokowi Sebut Fenomena Lawan Kotak Kosong di Pilkada 2024 Juga Proses Demokrasi

Jumat, 06 September 2024 – 17:40 WIB
Jokowi Sebut Fenomena Lawan Kotak Kosong di Pilkada 2024 Juga Proses Demokrasi - JPNN.com Jatim
Presiden Joko Widodo menilai fenomena melawan kotak kosong pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 juga bagian dari demokrasi. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Presiden Joko Widodo menilai fenomena melawan kotak kosong pada Pilkada Serentak 2024 juga bagian dari demokrasi.

“Ya, memang kenyataan di lapangan seperti itu, itu kotak kosong pun juga ada proses demokrasinya,” kata Jokowi di Pasar Soponyono Surabaya, Jumat (6/9).

Dia mengatakan dari 500 daerah di Indonesia, 41 di antaranya melawan kotak kosong.

“Saya kira, ya, itu kenyataan demokrasi di bawah seperti itu. Baik di kabupaten, di kota maupun di provinsi,” ungkapnya.

Walakin, kotak kosong tidak menghambat masyarakat untuk menentukan pilihannya pada saat pencoblosan 27 November 2024 mendatang.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mencatat ada 41 daerah yang hanya memiliki satu pasangan calon kepala daerah atau calon tunggal pada Pilkada Serentak 2024 berdasarkan data per Rabu (4/9) pukul 23.59 WIB.

Ketua KPU RI Mochammad Afifuddin mengatakan 41 daerah itu terdiri dari satu provinsi, 35 kabupaten dan lima kota.

Berdasarkan data dari KPU, Kamis (5/9) malam, tersisa 41 wilayah dengan calon tunggal, dari yang sebelumnya sebanyak 43 wilayah. (mcr23/jpnn)

41 daerah dipastikan melawan kotak kosong, Jokowi : bagian dari demokrasi

Redaktur : Arry Dwi Saputra
Reporter : Ardini Pramitha

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News