Elektabilitas Anwar Sadad Capai 9 Persen Sebagai Cagub Jatim, Ini Faktor-Faktornya

Kamis, 28 Maret 2024 – 00:00 WIB
Elektabilitas Anwar Sadad Capai 9 Persen Sebagai Cagub Jatim, Ini Faktor-Faktornya - JPNN.com Jatim
Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad saat menjawab pertanyaan kritis para mahasiswa dalam Tadarus Politik Milenial di Jombang. Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis elektabilitas sejumlah nama yang digadang-gadang maju dalam Pilgub Jatim 2024. Hasilnya, Khofifah Indar Parawansa unggul dari nama-nama lain yang memiliki peluang maju.

Namun, di sisi lain muncul tren kenaikan elektabilitas sejumlah ketua partai politik di Jatim yang masuk bursa Pilgub Jatim 2024, salah satunya Ketua Gerindra Jatim Anwar Sadad.

Direktur ARCI Baihaki Sirajt menyebut Sadad memiliki popularitas tinggi di wilayah Tapal Kuda, termasuk di pesantren-pesantren NU.

"Anwar Sadad sangat populer di kalangan santri. Tidak heran untuk kategori top of mind, Anwar Sadad menyentuh angka 9,5 persen," ujar Baihaki di Surabaya, Rabu (27/3).

Menurutnya, elektabilitas Sadad sebagai Cagub Jatim merangkak naik seusai kesuksesan Gerindra Jatim di pilpres dan pileg. Sadad dinilai sebagai ketua partai dengan gerakan dan program terbanyak.

"Sadad saat ini masih rutin turun ke masyarakat, termasuk membuat gerakan untuk menemui anak muda, yang tentu saja bukan tanpa maksud dan tujuan. Apa tujuannya, saya kira cek ombak untuk Pilgub Jatim 2024," ucapnya.

Selain itu, Sadad dinilai melakukan pendekatan yang tak dilakukan politikus lain, yaitu pendekatan intelektual. Hal itu dibuktikan dengan frekuensi kehadirannya di kampus, pesantren, dan organisasi mahassiwa, baik seminar maupun diskusi.

"Pendekatan ini hanya bisa dilakukan oleh politikus dengan kepercayaan diri yang tinggi dan kemampuan persuasi yang baik," bebernya.

ARCI membeberkan faktor elektabilitas Anwar Sadad tembus sembilan persen sebagai Cagub Jatim.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News