Pengamat: Kemenangan Prabowo-Gibran Berkat Peran Sadad & Kader Gerindra Jatim

Rabu, 14 Februari 2024 – 23:25 WIB
Pengamat: Kemenangan Prabowo-Gibran Berkat Peran Sadad & Kader Gerindra Jatim  - JPNN.com Jatim
kKampanye Prabowo Subianto bersama kader Gerindra di GOR Delta Sidoarjo, Jumat (9/2). Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Paslon Nomor 2 Prabowo-Gibran unggul telak dalam lima lembaga survei nasional yang melakukan quick count di Jawa Timur.

Dalam quick count yang dilakukan Poltracking, suara Prabowo mencapai 67,01 persen hingga pukul 16.25 WIB, tetapi angka tersebut masih belum final.

Kemudian dalam quick count LSI Denny JA, suara Prabowo di Jatim mencapai 66,15 persen di jam yang sama. Begitu juga dalam quick count Charta Politika mencapai 64,79 persen.

Selanjutnya dalam quick count Indikator, suara Prabowo di Jatim telah mencapai 65,87 persen. Dalam quick count PRC mencapai 67,01 persen.

Pengamat Politik Universitas Airlangga Fahrul Muzaqqi berpendapat kemenangan Prabowo-Gibran tak lepas dari peran kader Gerindra Jatim.

“Keunggulan suara Prabowo-Gibran di Jatim sangat signifikan tidak dapat dilepaskan dari peran dan kerja partai utama penyokongnya, yakni Gerindra,” kata Fahrul tertulis, Rabu (14/2).

Menurutnya, peta kekuatan koalisi dalam Pilpres 2024 menjadi kesempatan bagus bagi Gerindra. Di samping memanfaatkan coattail effect Prabowo sebagai ketum sekaligus capres. 

“Gerindra juga memanfaatkan potensi dan tren turunnya elektabilitas PDIP akibat coattail effect capres maupun ketumnya," ujarnya.

Faktor besar Gerindra Jatim menyumbang elektoral Prabowo-Gibran dalam Pilpres 2024.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News