AMIN Berkomitmen Melanjutkan Proyek Tol Trans Jawa Hingga Banyuwangi

Selasa, 06 Februari 2024 – 16:23 WIB
AMIN Berkomitmen Melanjutkan Proyek Tol Trans Jawa Hingga Banyuwangi - JPNN.com Jatim
Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar usai menghadiri kegiatan selawat dan rajabiah dengan ratusan kiai dan nyai kampung di Pondok Pesantren Raudhotuttholabah, Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (6/2/2024). ANTARA/HO-Timnas AMIN.

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Cawapres Muhaimin Iskandar menyampaikan pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) siap melanjutkan pembangunan Tol Trans Jawa hingga ke Banyuwangi.

"Banyuwangi itu sangat penting karena kaya akan sumber daya alam," katanya di Genteng, Banyuwangi, Selasa (6/2).

Dia menjelaskan pasangan AMIN mengusung visi, misi, dan program kerja dengan tema besar "Indonesia Adil Makmur Untuk Semua. Khusus di Pulau Jawa, pembangunan didesain untuk fondasi ekonomi yang berkelanjutan.

"Salah satunya, Tol Trans Jawa yang pembangunannya dituntaskan sampai Banyuwangi," ujar cawapres nomor urut satu tersebut.

Selain itu, dilakukan pula pembangunan jalan arteri sebagai akses tol dan penyesuaian tarif bagi kendaraan logistik.

Dilansir dari situs Kementerian PUPR, Tol Probolinggo-Banyuwangi adalah bagian dari jaringan Tol Trans Jawa yang saat ini sedang dilakukan pelaksanaan konstruksi pada Tahap 1 Gending-Besuki sepanjang 49,7 km.

Tol Probolinggo–Banyuwangi terdiri dari dua tahap pelaksanaan konstruksi pada tahap 1 ini terbagi menjadi Seksi 1 Gending-Kraksaan (12,88 km) dengan progres konstruksi 15,01 persen.

Selanjutnya, Seksi 2 Kraksaan-Paiton (11,20 km) dengan progres konstruksi 2,61 persen, dan Seksi 3 Paiton–Besuki (25,6 km) dengan progres konstruksi 0,65 persen.

Secara keseluruhan, Tahap 1 Tol Probolinggo-Banyuwangi ditargetkan akan selesai konstruksinya pada Desember 2024.

Menurut Cak Imin, keberadaan tol hingga Banyuwangi sangat esensial karena kabupaten tersebut kaya akan sumber daya alam.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News