Pakar Unair: Hasil Survei Politik Berpotensi Jadi Sarana Kampanye Terselubung

Kamis, 19 Oktober 2023 – 19:07 WIB
Pakar Unair: Hasil Survei Politik Berpotensi Jadi Sarana Kampanye Terselubung - JPNN.com Jatim
Pengamat Komunikasi Politik Unair Dr Suko Widodo merespons Partai NasDem yang mengusung tiga nama untuk Pemilu 2024. Foto: Humas Unair

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pakar Komunikasi dan Politik Unair Suko Widodo mempertanyakan tingkat akurasi terkait maraknya hasil survei Pilpres 2024 yang bertebaran.

Dia menilai sejumlah hasil survei yang dipublikasikan jauh dari realitas pendapat publik selama ini yang dia amati.

Sebagai peneliti, Suko pun meragukan hasil yang dirilis oleh lembaga survei ke publik selama ini. 

“Misalnya, ada kandidat dari Jakarta. Selama ini mereka sangat jarang hadir di Jatim, tetapi hasil survei elektabilitas tinggi, Ini rasanya tidak masuk akal,” kata Suko, Kamis (19/10).

Menurutnya, hasil survei itu digunakan sebagai strategi kampanye untuk meraih simpati dari publik. Hal tersebut bisa menyesatkan masyarakat.

“Cara itu bisa menyesatkan publik”, ujarnya.

Maka dari itu, Suko mengingatkan agar publik berhati-hati dan tidak mudah terperdaya, apalagi ketika hasilnya sangat ekstrem.

Suko menambahkan selama ini masih banyak suara yang tersembunyi dan belum diekspresikan warga.

Pakar Komunikasi dan Politik Unair Suko Widodo meminta masyarakat hati-hati terkait hasil survei yang digunakan untuk kampanye terselubung.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News