KPU & Pemkot Blitar Sepakati Anggaran Pilkada Rp19,2 M, Tetapi

Kamis, 28 September 2023 – 16:15 WIB
KPU & Pemkot Blitar Sepakati Anggaran Pilkada Rp19,2 M, Tetapi - JPNN.com Jatim
Pemkot dan KPU Kota Blitar telah menyepakati jumlah anggaran untuk kebutuhan Pilkada 2024. Ilustrasi rupiah. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jatim.jpnn.com, BLITAR - KPU Kota Blitar bakal mendapatkan anggaran sekitar Rp19,2 miliar dari APBD setempat untuk keperluan Pilkada 2024.

"Kami sudah ajukan ke pemerintah kota untuk anggaran pilkada. Kami juga sudah ada titik temu soal anggaran," kata Ketua KPU Kota Blitar Choirul Umam, Kamis (28/9).

Akan tetapi, anggaran tersebut belum turun karena masih menunggu peraturan pemerintah yang baru tentang pilkada, termasuk soal usulan percepatannya.

Jika nanti peraturan pemerintah soal usulan percepatan pilkada sudah diputuskan dan ada naskah perjanjian hibah daerah (NPHD), anggaran bisa turun 40 persen.

Untuk saat ini, KPU Kota Blitar dengan Pemerintah Kota Blitar sudah melakukan tanda tangan kesepakatan anggaran.

"Soal NPHD, masih menunggu permendagri. Nanti diatur setelah tanda tangan NPHD mulai proses pencairan," ujar dia.

Dia menambahkan di UU Pilkada yang lama, rencana pelaksanaan pilkada akan digelar pada November 2024. Jadi, proses untuk NPHD bisa dilakukan Desember 2023.

Namun, jika di peraturan pemerintah yang baru soal percepatan pilkada terealisasi menjadi September 2024, NPHD juga bisa dimajukan akhir Oktober 2023.

Meskipun telah disepakati, anggaran untuk Pilkada 2024 di Kota Blitar belum bisa turun karena masih menunggu dua hal berikut.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News